Beranda News Indonesia Paling Sering Terkena Serangan Cyber

Indonesia Paling Sering Terkena Serangan Cyber

-

Indonesia Paling Sering Terkena Serangan Siber

Jakarta, Selular.ID – Hingga kini Indonesia belum memiliki sistem keamanan nasional maupun kerangka legal yang tepat khususnya guna melindungi infrastruktur kritis ranah cyber secara komprehensif dan holistik.

Dalam Simposium Nasional Cyber Security (SNCS) yang berlangsung di hotel Borobudur, Jakarta (3/6/2015), Yono Reksoprodjo, Ketua Panitia SNCS yang juga Dosen di Universitas Pertahanan menyampaikan kondisi ini menyebabkan Indonesia menjadi negara yang paling banyak mendapat serangan Siber.

Lebih lanjut Yono menjelaskan saat ini Indonesia menempati urutan kedua negara yang paling banyak mendapat serangan. “Berdasarkan data dari Norse, Indonesia menempati urutan kedua setelah Vietnam, sebelumnya ada di urutan ke empat. Ini berarti kondisinya makin kritis,” jelasnya.

Sebagai pengguna Facebook terbesar di dunia dan media sosial lainnya menurut Yono menjadikan Indonesia sebagai target serangan para hacker. Hal ini dikarenakan para pengguna internet di Indonesia masih belum aware terhadap ancaman siber.

“80 persen serangan siber terjadi karena sosial engineering, awareness pengguna kurang, penggunaan software bajakan serta aplikasi gratisan juga ikut memicu serangan ini,” jelasnya.

Para hacker dijelaskan Yono biasanya menyerang dengan menyaru sebagai perusahaan penyedia game dan aplikasi. Ponsel android pun diklaim menjadi perangkat yang banyak diserang.

Dalam penjelasannya, Yono juga mengungkapkan, Amerika Serikat dan Cina menjadi negara yang paling sering melakukan serangan siber.

Artikel Terbaru