Beranda News Security Awas! SMS Berkedok Minta Kode Verifikasi

Awas! SMS Berkedok Minta Kode Verifikasi

-

Kasus serangan spear phishing
Kasus serangan spear phishing

Jakarta, Selular.ID – Akhir-akhir ini, serangan rekayasa sosial tengah merajalela. Banyak orang yang menjadi korban akibat serangan spear-phishing jenis tertentu yang menyasar pengguna ponsel. Tujuan dari serangan ini adalah untuk mendapatkan akses kepada akun email korban.

Untuk melakukan serangan, sang penjahat perlu mengetahui alamat email dan nomor ponsel sasaran, yang biasanya tidak terlalu sulit untuk mereka dapatkan. Penyerang lalu menggunakan fasilitas pemulihan password yang ada pada banyak penyedia email, yang tujuan awalnya adalah membantu para pengguna yang lupa password untuk mendapatkan kembali akses terhadap akun mereka, antara lain melalui, kode verifikasi yang dikirim ke ponsel mereka.

Kebanyakan kasus yang ditemui, menimpa pengguna Gmail, Hotmail, dan Yahoo Mail.

Untuk penanggulangan kasus seperti itu, pengguna harus curiga pesan SMS yang bertanya tentang kode verifikasi, terutama jika mereka tidak pernah memintanya. Jika tidak yakin tentang permintaan tak terduga, pengguna dapat memeriksa dengan penyedia email mereka untuk mengkonfirmasi apakah pesan tersebut sah.

Artikel Terbaru