Thursday, April 25, 2019
Home News Enterprise Alcatel-Lucent Dukung Operator Gelar Small Cell Pertama di Thailand

Alcatel-Lucent Dukung Operator Gelar Small Cell Pertama di Thailand

-

small-cellJakarta, Selular.ID – Wisatawan yang berkunjung ke Negeri Gajah Putih, akan semakin dimanjakan dengan layanan selular di sana. AIS, salah satu operator selular di Thailand, kini menerapkan small cell untuk meningkatkan sinyalnya.

Penyedia jaringan telekomunikasi, Alcatel-Lucent, saat ini tengah membantu AIS, dalam meningkatkan layanan selular bagi warga masyarakat serta wisatawan dengan menggelar teknologi small cell yang pertama di negara tersebut.

Small cell adalah komponen penting dalam penggelaran LTE ultra-broadband karena memungkinkan operator meningkatkan kapasitas dan sebaran di area-area sibuk seperti mall, stadion olahraga dan area-area dengan lalu lintas tinggi lainnya. Dengan lebih mendekatkan koneksi kepada pengguna.

Small cell memberikan sinyal selular di area-area yang mengalami kekurangan jangkauan selular atau hambatan akibat interferensi dari gedung-gedung, hambatan geografis atau jauhnya jarak menara selular. Small cell juga menambah kapasitas di area-area yang memiliki konsentrasi tinggi pengguna.

Small cell dari Alcatel-Lucent sendiri menawarkan peningkatan jangkauan serta kapasitas dengan cara yang efisien serta hemat biaya sehingga AIS dapat menyajikan pengalaman konsumen yang lebih baik, baik layanan suara maupun akses data kecepatan tinggi, dengan menempatkan teknologi radio lebih dekat kepada pengguna.

Penggelaran small cell AIS dimulai di bulan September 2014, 500 unit telah terpasang, dan jumlahnya direncanakan akan mencapai 3000 di tahun 2015. Sejak 2014 cakupan layanan 3G AIS telah meliputi 97% populasi Thailand, penggunaan small cell akan meningkatkan kapasitas yang sangat dibutuhkan saat ini.

Alcatel-Lucent akan menyediakan  9764 Metro Cells Outdoor, serta dukungan teknis dan integrasi agar tercapai penggelaran berkualitas tinggi serta cepat. Perusahaan juga akan menggelar 5620 Service Aware Manager.

Teknologi ini dapat membantu penyelenggara layanan memperluas layanan datanya dengan lebih cepat serta lebih ekonomis dibandingkan dengan jaringan selular konvensional, yang lebih mahal serta membutuhkan waktu pemasangan lebih lama.

Thailand mengharapkan pertumbuhan stabil di sektor pariwisata di tahun 2015. Di bulan Januari 2,65 juta wisatawan mengunjungi negara tersebut, naik 15,9 persen year-on-year. AIS akan menggelar small cell di lokasi-lokasi tujuan wisata populer dan pusat-pusat perbelanjaan di Thailand, serta di lingkungan perkotaan maupun pedesaan.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest