Twitter
Twitter
Twitter

Jakarta, Selular.ID – Twitter menghentikan layanan retro gaming di timeline. Para gamers tidak bisa lagi mengakses judul dari Tweets, mulai akhir pekan lalu. Alih-alih bisa bermain game, pengguna akan menemukan link yang akan menggiring mereka ke page yang sebenarnya.

Selain menjadi wadah untuk ‘berkicau’, sebelumnya Twitter juga mempunyai fasilitas untuk bisa memainkan berbagai macam game klasik dengan format MS-DOS. Kemampuan ini hasil kerjasama antara Twitter dengan Internet Archive, untuk menghadirkan dukungan game MS-DOS bagi pengguna Twitter, langsung di dalam Tweet. Tanpa harus berpaling dari Twitter. Saat itu, jumlah game yang tersedia lebih dari 2600 macam.

Bila dilihat dari kacamata bisnis, tentu keberadaan fitur game berbasis MS-DOS akan memberikan nilai positif bagi Twitter. Pasalnya, banyak pengguna yang bakal betah berlama-lama bermain di jejaring sosial berlambang biru tersebut. Namun menurut pendapat GamesIndustry, penghapusan layanan bermain game ini mungkin ada hubungannya dengan pelanggaran Terms & Conditions  (T&C) yang berlaku di Twitter.

Berikut T&C ala Twitter: “Jangan membangun pengalaman interaktif end-to-end dalam video atau audio player yang tidak terkait dengan konten Player Card, yang meliputi purchasing, game, polling, pesan, dan data entry“.