Kumpulan foto-foto hasil prediksi How-Old.net
Kumpulan foto-foto hasil prediksi How-Old.net
Kumpulan foto-foto hasil prediksi How-Old.net

Jakarta, Selular.ID – Microsoft memperkenalkan sebuah tool unik untuk menebak usia seseorang dalam bentuk foto wajah, bernama How-Old.net. Situs ini sedang ramai dicoba, banyak pengguna yang mengirim hasil tebakan layanan tersebut di jejaring sosial semisal Path, Facebook, dan Twitter.

Di sisi lain, seiring dengan ramainya situs tersebut, Microsoft diterpa isu yang tidak sedap. Beberapa pengguna dan situs berita menduga ada modus tersembunyi dari pihak Microsoft. Raksasa teknologi asal Redmond itu diisukan bakal memanfaatkan kumpulan foto-foto pengguna untuk kepentingan iklan perusahaan tanpa memerlukan persetujuan apapun.

Mereka mengutip pernyataan yang tercantum di menu Terms of Use di How-Old.net yang mengarah ke laman Microsoft Azure Website Term of Use. Intinya, Microsoft dianggap dapat menggunakan foto untuk iklan tayang maupun website sesukanya. Bahkan, dapat juga memberikan hak yang sama pada pemasoknya.

Saat dikonfirmasi mengenai isu yang beredar tersebut, pihak Microsoft menampiknya dengam memberikan official statement. “Microsoft memberikan keleluasaan bagi developer untuk dapat memilih bagaimana suatu aplikasi itu bekerja. Developer How-old.net memilih untuk tidak menyimpan atau menyebarluaskan foto-foto di dalam apps tersebut,” ucap Sharon Issabella, Public Relations Lead Microsoft Indonesia, kepada Selular.ID (4/5/2015). (bda)