Beranda News E-Commerce Kebutuhan Meningkat, Zalora Pindah Gudang

Kebutuhan Meningkat, Zalora Pindah Gudang

-

Zalora resmikan fashion warehouse terbesar di Indonesia (27/5/2015)
Zalora resmikan fashion warehouse terbesar di Indonesia (27/5/2015)

Bekasi, Selular.ID – Salah satu e-commerce asal Jerman yang beroperasi di tanah air, Zalora, kemarin meresmikan warehouse fashion yang diklaim terbesar di Indonesia. Gudang berukuran 15 hektar itu berlokasi di kawasan YCH Distrypark, Cibitung, Bekasi – Jawa Barat.

Fredrik Thomassen, CEO Zalora Indonesia, mengatakan bahwa ini adalah kali keempat perusahaannya pindah ke warehouse dengan ukuran yang semakin besar. Berawal dari gudang penyimpanan rumahan di kawasan selatan Jakarta pada akhir 2011. “Dengan growth sebesar 400 persen, kami merasa perlu untuk memiliki tempat penyimpanan yang lebih besar karena gudang yang sebelumnya sudah tidak mencukupi,” ujar Fredrik.

Warehouse Zalora sebelumnya, berlokasi di Ciracas, Jakarta, hanya mampu menampung sepertiga dari kapasitas Cibitung. Akhir April 2015, Zalora memindahkan 700.000 item stok gudangnya, tanpa sepengetahuan konsumen. Warehouse anyarnya, memiliki kapasitas maksimal 2 juta item. “Stok saat ini baru terisi 800.000 item. Jadi masih banyak ruang untuk penyimpanan lebih besar lagi,” ujar Fredrik.

Dalam menghadirkan warehouse fashion terbesarnya di wilayah Asia Tenggara, Zalora bekerja sama dengan YCH Group, penyedia teknologi logistic dan supply chain terkini untuk membantu aktivitas inbound dan outbounding. Iman Gandi, Senior Management YCH Group, mengatakan bahwa mereka mengerti berapa besar kebutuhan logistic yang sesuai untuk e-commerce besar seperti Zalora.

Kehadiran warehouse baru Zalora dilengkapi dengan teknologi terkini yang dapat membantu kelancaran proses order. Seperti cargo lift, mobile scanner, dan mezzanine storage, untuk proses inbounding serta gravity slider dan motorizes conveyor belt untuk memudahkan alur outbounding.

Ole Daniel, Director of Operations Zalora Indonesia, menjelaskan rincian proses dari hulu ke hilir, mulai dari receiving items, memberikan barcode, quality control, measurement, sampai pengiriman sample untuk proses foto katalog dan distribusi pengiriman ke konsumen, semua dilakukan di warehouse.

Mengomentari lokasi warehouse yang berada di luar Jakarta, Ole menjelaskan bahwa jarak tempuh bukan menjadi kendala, “Asalkan waktu tempuhnya tetap cepat,” pungkasnya.

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait