Thursday, August 22, 2019
Home News Aliansi dengan Smartfren, Sat Nusapersada Siap Produksi 3 Juta Smartphone Per Bulan

Aliansi dengan Smartfren, Sat Nusapersada Siap Produksi 3 Juta Smartphone Per Bulan

-

Produksi smartphone Hisense Smartfren Andromax di pabrik Sat Nusapersada, Batam (Foto: Uday Selular.ID)
Produksi smartphone Hisense Smartfren Andromax di pabrik Sat Nusapersada, Batam (Foto: Uday Selular.ID)

Batam,  Selular.ID – Pertumbuhan pasar smartphone yang semakin meningkat belakangan ini, memberi kesempatan bagi manufaktur lokal untuk merebut market size lebih besar. Salah satu perusahaan berbasis EMS (Electronics Manufacturer Services) di bidang ini adalah  Sat Nusapersada, yang berlokasi di Batam. Sejak sukses memproduksi smartphone 4G pertama di Indonesia dengan merek Ivo yang diperkenalkan pada Juli 2014, Sat Nusapersada terus tancap gas.

Menurut Presiden Director Sat Nusapersada Abidin, pihaknya siap untuk memproduksi smartphone dalam jumlah besar hingga tiga juta unit per bulan. Kesiapan itu didukung oleh fasilitas pabrik yang memadai dan layanan yang bersifat one stop solution. “Salah satu teknologi yang dimiliki oleh Sat Nusapersada adalah SMT (surface mount technology) yang memungkinkan smartphone diproduksi secara menyeluruh dari metal stamping, plastic molding hingga final assembly dilakukan dalam satu atap,” jelas Abidin.

Selain brand lokal seperti Ivo, Sat Nusapersada juga telah menjalin kerjasama bisnis dengan merek global seperti Asus dari Taiwan dan Hisense dari Tiongkok. Kerjasama dengan brand global dimungkinkan setelah pemerintah berniat menerapkan aturan TKDN hingga 40% yang akan diterapkan mulai awal Januari 2016.

Khusus Hisense, kerjasama tersebut terjalin berkat dukungan Smartfren Telecom yang selama ini menjadikan vendor itu sebagai produsen Andromax yang terbilang sukses di pasar smartphone domestik.

Seorang pekerja di pabrik ponsel Sat Nusapersada, Batam (Foto: Uday/Selular.ID)
Seorang pekerja di pabrik ponsel Sat Nusapersada, Batam (Foto: Uday/Selular.ID)

Dalam acara media visit dan kunjungan langsung ke pabrik Sat Nusapersada di Batam (27/5/2015), Roberto Saputra, Head of Marketing and Corporate Strategy Smartfren Telecom, mengatakan bahwa pemilihan Sat Nusapersada sebagai mitra produksi, tak lepas dari track record perusahaan yang memiliki pengalaman panjang di bidang EMS. Sehingga pihaknya yakin bahwa kualitas Andromax yang kini mulai ditangani oleh Sat Nusapersada akan sama bagusnya dengan produk yang dihasilkan oleh pabrik milik Hisense di Tiongkok.

“Kemitraan ini juga sekaligus menunjukkan dukungan Smartfren terhadap kebijakan pemerintah khususnya di bidang telekomunikasi agar Indonesia dapat segera menjadi basis produksi untuk smartphone berteknologi 4G,” pungkas Roberto.(bda)

Latest