Xiaomi Redmi 2 (sumber tech.firstpost)
Xiaomi Redmi 2 (sumber tech.firstpost)
Xiaomi Redmi 2 (sumber tech.firstpost)

Jakarta, Selular.ID – Produsen ponsel Xiaomi baru saja mencetak Guinnes World Record dengan mencatatkan penjualan ponsel terbanyak melalui satu portal online dalam kurun waktu 24 jam.

Pada ajang pesta online Mi Fan Festival 2015, yang juga diselenggarakan di Indonesia, vendor ponsel asal Tiongkok itu berhasil menjual 2,12 juta unit ponsel dengan total pendapatan sebesar RMB 2,08 miliar (US$335 juta) dalam waktu 12 jam, atau sekitar Rp4,3 triliun dengan nilai konversi saat ini. Total penjualan pada Mi Fan Festival 2015 mencapai 3,05 juta pesanan yang mencakup ponsel serta perangkat pintar Xiaomi lainnya.

Malaysia, India, dan Indonesia untuk pertama kalinya ikut serta dalam Mi Fan Festival yang diselenggarakan di tujuh pasar di mana Xiaomi tersebar. Di Indonesia sendiri, penjualan ponsel dan aksesoris Xiaomi mencapai 50.000 pesanan dalam satu hari, yang berlangsung Rabu 8 April 2015.

Dengan pencapaian terbaru ini, Xiaomi mengalahkan rekor sendiri tahun lalu untuk jumlah ponsel yang terjual dan total pendapatan dalam Singles Day 2014. Pertengahan hari saat acara berlangsung, yakni pukul 16:04 waktu setempat, Xiaomi mengumumkan total pendapatan sebesar RMB1.57 miliar, melebihi total pendapatan dari kombinasi Mi Fan Festival 2014 dan Singles Day 2014.

Acara berdurasi 12-jam itu membuktikan bahwa Xiaomi merupakan perusahaan internet yang sukses mengaplikasikan model e-commerce untuk menggapai penggunanya. Selain smartphone, perusahaan juga menjual berbagai produk seperti aksesoris dan TV.

Lebih dari 38.000 Mi TV dan lebih dari 770.000 peralatan pintar yang dijual, termasuk 200.000 Mi Band dan 247.000 Mi Power Strip. Bahkan, pendapatan dari aksesoris sendiri mencapai RMB190 juta selama 12 jam penjualan.

Bukan hanya sigap dalam menerima pesanan, Xiaomi juga menunjukkan komitmennya untuk pengiriman kilat, dengan 500.000 pesanan dikirimkan dalam 12 jam. Pengiriman pertama yang diterima pelanggan tercatat pada pukul 11:27, atau hanya 1 jam 27 menit terhitung setelah pelanggan berhasil memesan. Secara total, 3,05 juta pesanan yang dilakukan secara online selama 12 jam.

Selama tahun 2014, Xiaomi berhasil menjual 61,12 juta smartphone dan mencatat total pendapatan RMB74.3 miliar. Dengan hasil memukau itu, perusahaan analis IDC menempatkan Xiaomi sebagai vendor smartphone teratas di Tiongkok tahun lalu.(bda)