Menkominfo Rudiantara di Selular Award 2015 (Foto: Hendra/Selular.ID)
Menkominfo Rudiantara di Selular Award 2015 (Foto: Hendra/Selular.ID)
Menkominfo Rudiantara di Selular Award 2015 (Foto: Hendra/Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – Menkominfo Rudiantara memastikan e-commerce Indonesia belum akan dikenakan pajak dalam beberapa tahun ini mengingat industrinya sendiri masih tergolong infant industry.

“Pajaknya akan ditangguhkan terlebih dahulu,” ungkap Rudiantara saat ditemui Selular.ID di Menara Multimedia (10/4/2015), Jakarta. Mengenai kapan saatnya e-commerce akan dikenakan pajak, Rudiantara tidak dapat menjelaskan apakah parameternya waktu atau ketika industri itu sendiri sudah memetik untung. “Teman-teman di fiskal nanti yang menentukan,” jelasnya.

Saat ini menurut Rudiantara pemerintah sedang mengumpulkan usulan-usulan terkait e-commerce dan diharapkan roadmapnya dapat selesai paling lambat pada bulan Agustus 2015 nanti sehingga dapat segera disusun peraturan pemerintahnya.

Lebih lanjut Rudiantara menyampaikan Rancangan Peraturan Pemerintah terkait e-commerce ini akan dirumuskan oleh Kominfo bersama kementrian lainnya termasuk Dirjen pajak dan bea cukai yang dipimpin oleh Menko Ekonomi Sofyan Djalil.
(Baca: Punya Omset Rp4.8 Miliar, Pelaku E-commerce Kudu Bayar Pajak)

Bea Cukai dalam hal ini dilibatkan mengingat e-commerce tidak hanya melayani perdagangan dalam negeri saja melainkan berpotensi berpotensi terjadinya perdagangan internasional. (bda)