Beranda News Telco Temukan Win-win Solution, Indosat Tak Akan Pajang Intrusive Ads

Temukan Win-win Solution, Indosat Tak Akan Pajang Intrusive Ads

-

unnamed (2)Jakarta, Selular.ID – Polemik intrusive ads atau iklan serobot telah berlangsung lama. Iklan ini biasanya muncul dalam bentuk banner off deck (di atas website) atau Interstitial Ads (satu halaman pada halaman depan), sebelum masuk ke website yang dituju oleh pengguna. Hingga saat ini, dua operator yakni Telkomsel dan XL diketahui masih rajin memasang iklan serobot tersebut ketika pengguna mengakses situs di browser ponsel.

Padahal, cara tersebut sudah diprotes setidaknya enam asosiasi yaitu Indonesian E-comerce Association (IdEA), Indonesian Digital Association (IDA), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Association of Asia Pacific Advertaising Media (AAPAM) dan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I).

Menurut Citra Damayani Agus, Division Head Mobile Advertising Indosat mengatakan bahwa dari sisi operator memang berhak memanfaatkan jaringan infrastruktur yang dimilikinya untuk mobile advertising seperti SMS, UMB, dan sebagainya. Hanya saja untuk Interstitial ads ini dilematis karena berkaitan dengan pihak-pihak lain terutama publisher sebagian pemilik website. “Perlu ada win-win solution untuk menyelesaikan polemik ini,” ujarnya saat berbincang dengan Selular.ID di kantor Indosat Digital Services, Gedung Sona Topaz, Jakarta.

Citra menganggap, pihaknya saat ini telah menemukan solusi untuk kedua belah pihak dengan platform IMX (Indonesia Mobile Exchange) yang diluncurkan pada awal Maret yang lalu. IMX adalah platform digital mobile advertising hasil joint venture antara Indosat dengan Smaato.

“Platform IMX menghubungkan pengiklan lokal dan global dengan publisher terkemuka di Indonesia, sehingga ini bisa menjadi win-win solution. Karena dengan teknologi kami yang advanced, iklan lebih tepat sasaran, efektif dan efisien. Sementara publisher mendapatkan pemasukan dari iklan tersebut. Kontrol sepenuhnya ada di publisher,” kata wanita berjilbab ini dengan gamblang.

Dengan platform barunya tersebut, Indosat merasa tidak perlu lagi memajang Intrusive Ads. “Kami tidak akan menayangkan iklan tertentu tanpa persetujuan pemilik website atau aplikasi,” tegasnya. Bahkan, dijelaskan lebih lanjut, pihaknya bisa menjangkau pelayanan iklan yang lebih luas tak terbatas hanya pada pelanggan Indosat, tapi semua pengguna layanan data yang sedang mengakses situs yang bekerja sama dengan IMX.(Ind)

Buyer's Guide

Sambut Natal Dan Tahun Baru, Oppo Obral Produk Andalan...

Jakarta, Selular.ID - Di penghujung tahun 2020, konsumen bisa memboyong produk Oppo dengan potongan...

Dijual Harga Sama, Realme C15 Holiday Edition Usung Prosesor...

Jakarta, Selular.ID - Sambut liburan akhir tahun, Realme memberi kejutan dengan meluncurkan Realme C15...

7 Smartphone Oppo dengan Fast Charging Hingga 65 Watt

Jakarta, Selular.ID - Fast charging menjadi salah satu fitur yang dicari konsumen saat hendak...

Smartphone Oppo dengan Triple Camera, Harga Mulai Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Oppo termasuk vendor smartphone yang cukup aktif meramaikan pasar Indonesia, misalnya...

Rekomendasi Smartphone Rp3 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan pengguna ponsel tidak hanya pada fitur kamera saja, kapasitas memori,...

5 Smartphone Oppo Dengan Layar Punch Hole  

Jakarta, Selular.ID – Tampilan layar smartphone menjadi semakin lega sekaligus menawan berkat mengusung konsep...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait