Ilustrasi kegiatan mahasiswa di kampus, (credit: iact.edu.my)
Ilustrasi kegiatan mahasiswa di kampus, (credit: iact.edu.my)
Ilustrasi kegiatan mahasiswa di kampus, (credit: iact.edu.my)

Jakarta, Selular.ID – Universitas Lampung UNILA telah mengadopsi infrastruktur jaringan Mobility-Defined Aruba guna meningkatkan jaringan nirkabel di kampus.

Infrastruktur jaringan nirkabel dan akses WiFi ini mampu mendukung lebih dari 5.000 pengguna yang terdiri dari mahasiswa dan staf secara bersamaan, baik areal dalam maupun luar ruangan, di kampus utama UNILA yang luasnya mencapai 700.000 meter persegi.

Sebelum teknologi baru ini diadopsi, jaringan nirkabel UNILA sangat bergantung pada titik-titik akses yang berdiri sendiri. Dengan semakin banyaknya perangkat mahasiswa yang dibawa ke kampus, jaringan yang lama tidak mampu lagi melayani permintaan koneksi perangkat nirkabel yang jumlahnya naik beberapa kali lipat. Peningkatan beban ini membuat koneksi tidak stabil. Titik-titik akses juga akan turun secara berkala karena beban berlebih ini.

“Infrastruktur jaringan sebelumnya tidak mampu lagi menangani meningkatnya jumlah perangkat terkoneksi yang dibawa dan digunakan oleh para mahasiswa kami. Setiap kali akses poin habis terpakai oleh pengguna, kami harus melakukan restart,” keluh Muhamad Komarudin, Kepala Pusat Informasi dan Komunikasi Satuan Teknologi.

Tim UNILA menguji beberapa solusi sebelum memutuskan memilih Aruba Networks. Solusi Aruba menawarkan akses kecepatan tinggi, dan sistem manajemen kinerja hemat biaya dengan zero downtime. Dengan AP-175 titik akses luar ruangan dari Aruba, UNILA mampu menerapkan mesh-coverage di seluruh kampus, sehingga menciptakan hotspot di areal-areal yang sebelumnya tidak berada dalam jangkauan koneksi jaringan nirkabel. (bda)