galaxy tab aJakarta, Selular.ID – Samsung segera rilis Galaxy Tab A series untuk pasar tanah air, bulan depan. Hal itu disampaikan oleh Joedi Wisoeda, Director Produst Marketing Samsung Indonesia, kepada Selular.ID (21/4/2015).

Seri tablet Samsung terbaru itu juga dikabarkan segera rilis di pasar Amerika Serikat pada tanggal 1 Mei. Di AS, ada dua varian yang dikeluarkan, yakni Galaxy Tab A 9.7 dan Galaxy Tab A 8.0. Keduanya diperkenalkan pertama kali di Rusia bulan lalu, dan menuju ke Jerman pada bulan Mei. Kedua tablet segera terbuka untuk pre-order di toko online Samsung dan pengecer besar di AS.

Soal banderol, versi yang lebih kecil Galaxy Tab A 8.0 dipatok $229,99 atau sekitar Rp3 juta. Sedangkan dimensi yang lebih besar Tab A 9.7 seharga $299,99 atau sekitar Rp3,9 juta. Sesuai namanya, tablet pertama menampilkan layar sentuh 8 inci, sedangkan yang kedua memiliki lebar layar 9,7 inci.

Di Amerika Serikat, kedua tablet akan tersedia dalam warna putih, Smoky Titanium, dan Smoky Blue. Edisi khusus Galaxy Tab A 9,7 inci dalam balutan Smoky Titanium akan dibundel dengan stylus S Pen seharga $349,99, atau sekitar Rp4,5 juta.

Ditinjau dari harga, keduanya terbilang cukup terjangkau untuk kelas Samsung. Karena memang dari spesifikasi, keduanya tergolong segmen menengah. Ciri khas mereka adalah aspek rasio 4:3 pada layarnya.

Keduanya memiliki resolusi sama, 1024×768 dan keduanya disokong prosesor quad-core 1,2GHz, RAM 1.5GB, kamera belakang 5MP dan kamera selfie 2MP, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan sudah mengusung Android 5.0 Lollipop. Tab A 8.0 memiliki baterai 4.200 mAh, sedangkan yang 9,7inci dilengkapi dengan sel 6.000 mAh.

Kendati Samsung Indonesia sudah mengkonfirmasi kehadiran Galaxy Tab A series di pasar nasional, sayang Joedi tidak menyebut secara spesifik tanggal rilis dan varian yang diboyong ke Indonesia. Kita tunggu saja bulan depan. (bda)