Samsung Backup Memory
Samsung Backup Memory
Samsung Backup Memory

Jakarta, Selular.ID – Di balik ambisi mempertahankan tahtanya di pasar smartphone, Samsung rupanya memiliki rasa kemanusiaan untuk menyembuhkan perkembangan penyakit Alzheimer. Samsung Electronics Tunisian (SETN) membuat sebuah aplikasi yang berguna untuk membantu pasien Alzheimer, bernama Backup Memory.

Alzheimer bukan penyakit menular, melainkan merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga menyebabkan daya ingat menurun. Aplikasi Backup Memory berperan sebagai stimulator, yang bisa memperlambat proses perkembangan penyakit dengan cara merangsang mental dalam bentuk pengingat.

Backup Memory membantu pasien untuk bisa menyadari lingkungan di sekitar mereka dengan mengidentifikasi anggota keluarga dan teman-teman mereka. Aplikasi ini juga mengingatkan mereka tentang hubungan mereka dengan setiap orang serta kenangan yang telah mereka bagi di masa lalu melalui video dan gambar.

“Kami sudah mengujicobakan Backup Memory ini pada beberapa pasien Alzheimer, dan kami telah melihat hasil yang baik,” kata Dr. Meriam Labidi, salah seorang anggota di Asosiasi Alzheimer Tunisia.

Pengembangan aplikasi ini masih berlanjut, tim peneliti sedang bekerja agar fitur lebih kaya dan memiliki user interface yang nyaman. Salah satu fitur yang akan mereka tambahkan adalah fitur yang memungkinkan anggota keluarganya untuk melihat lokasi dari pendeita Alzheimer ini secara real-time dengan menggunakan GPS dan Bluetooth smartphone.

Saat ini, aplikasi Backup Memory sudah bisa diunduh di Google Play Store. (bda)