Ilustrasi kantor Huawei
Ilustrasi kantor Huawei
Ilustrasi kantor Huawei

Jakarta, Selular.ID – Akusisi Nokia dan Alcatel-Lucent ternyata tidak hanya menjadi kabar gembira bagi kedua perusahaan tapi juga bagi pesaingnya. Pihak Huawei menanggapi berita besar itu dengan menyatakan ikut senang terhadap konsolidasi duo perusahaan penyedia jaringan telekomunikasi tersebut.

“Huawei berharap bahwa konsolidasi ini bisa menghasilkan sesuatu yang sukses,” kata Eric Xu, Deputy Chairman of The Board, Rotating CEO.

Xu menambahkan, konsolidasi ini akan menciptakan nilai baru pada konsumen. Dengan adanya tiga pemain besar (Huawei, Ericson, Nokia Alcatel) akan membuat industri ini semakin siap terhadap masa depan.

Huawei mengaku tidak resah posisinya akan terancam di pasar peralatan nirkabel. Berdasarkan data dari firma riset Infonetics, pangsa pasar jaringan nirkabel Nokia secara global di tahun 2014 mencapai 17%. Di belakang Ericsson yang menguasai dengan 30% dan Huawei sebesar 20%. Sementara itu Alcatel hanya memiliki share 10% di bawah ZTE yang mencapai 11%. Bila nantinya dihitung sebagai satu perusahaan di bawah brand Nokia Networks, pangsa pasar mereka berarti akan berada di peringkat kedua terbesar menjadi 27 persen, dan menyalip market share kepunyaan Huawei di peringkat kedua.

Dalam menghadapi persaingan di kemudian hari, Huawei akan terus mengandalkan lini produk yang lengkap, baik di jaringan tetap (fixed) maupun bergerak (mobile).

Mengenai public cloud yang akan diluncurkan nanti, Huawei melihat public cloud bukan merupakan bagian yang dikompetisikan. “Singkatnya, kami melihat peluang bekerja sama dengan pemain lain,” timpalnya. (bda)