Jakarta, Selular.ID – Lama tak terdengar kabar perkembangan bisnisnya, Hutchinson Tri Indonesia memberikan kabar mengejutkan. Operator yang terbilang “anak bungsu” ini kini telah memiliki jumlah pelanggan yang cukup banyak, lebih dari 50 juta pelanggan.
“Akhir 2014 jumlah pelanggan kami sudah mencapai angka 50,16 juta,” jelas Arum Prasodjo, Senior Manager Public Relations & Media Tri kepada Selular.ID saat ditemui di kantornya di Jakarta (10/4/2015). Angka tersebut tentunya cukup besar, sebagai operator terbesar ketiga di Indonesia saja Indosat memiliki jumlah pelanggan sekitar 57 juta, sedangkan XL Axiata hasil dari mergernya dengan Axis mengantongi sekitar 68 juta pelanggan sebagai operator terbesar kedua di negeri Ini.
Jika dilihat dari pertumbuhan Year on Year, tahun 2013 Tri sudah mengantongi 38 juta pelanggan yang berarti pertumbuhannya sekitar 24 persen. “Tahun 2012 pelanggan kami 26 juta, sedangkan tahun 2013 sebanyak 38 juta,” ungkapnya.
Dari 50 juta lebih pelanggannya, Arum menjelaskan sekitar 50 persennya atau 25,4 juta merupakan pelanggan data. Besarnya jumlah pelanggan data Tri diakui Arum karena memang sejak awal Tri memposisikan diri sebagai mobile data service operator.
Pelanggan data Tri juga diakui Arum mampu mengkontribusi 50 persen lebih revenue perusahaan. Hanya saja sayangnya berapa besar ARPU dari layanan data Tri Arum tidak dapat menjelaskan. “Tidak jauh berbeda dengan rata-rata industri,” tutupnya.