Foto: Flickr BlackBerry
Ilustrasi akses internet dengan BlackBerry (Foto: Flickr BlackBerry)
Ilustrasi akses internet dengan BlackBerry (Foto: Flickr BlackBerry)

Waterloo, Selular.ID – Semakin fokus memperkuat bisnis enterprises, BlackBerry memperkenalkan solusi terbarunya yang diberi nama Center for High Assurance Computing Excellence (CHACE). Inisiatif ini dianggap memperluas upaya kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D) perusahaan untuk mendorong inovasi dan meningkatkan keamanan komputer.

Bob Egan, CEO Sepharim Research Group mengatakan  seiring dengan meningkatnya perangkat yang terhubung, meningkat pula ancaman terhadap keamanan dan privasi. “Organisasi perlu meninjau kembali cara mereka menerapkan keamanan dan mengubah pendekatan mereka dari sikap reaktif menjadi lebih proaktif dan bertujuan untuk membentuk pertahanan terbaik melawan para penyerang di dunia maya yang canggih,” ujarnya.

Jika selama ini baik pengguna perseorangan maupun perusahaan melakukan pendekatan fail-then-patch (perbaikan setelah menemukan kegagalan), CHACE bertujuan ingin mengubah paradigma tersebut. Mereka mengembangkan alat dan teknik yang dapat memberikan tingkat perlindungan keamanan yang lebih tinggi daripada yang ada saat ini.

Perusahaan ini memiliki sejarah panjang dalam menemukan teknik dengan jaminan tinggi termasuk pengujian otomatis yang ketat, analisa mendalam untuk tingkat kerentanan dan kegagalan, metode formal untuk membuktikan tingkat keselamatan dan keamanan.   CHACE akan menunjang kompetensi yang menjadi keunggulan BlackBerry dalam pencegahan kerentanan dan mendayagunakan aplikasi riset keamanan jaminan tinggi untuk produk dan layanan dalam dunia nyata.

“Ada sebuah keyakinan bahwa kunci untuk masalah keamanan di dunia adalah dengan melakukan patch / melakukan perbaikan dengan lebih cepat, namun hal ini gagal untuk mengatasi akar dari permasalahan ini,” kata David Kleidermacher, David Kleidermacher, Chief Security Officer, BlackBerry. Menurutnya, sistem yang memerlukan patch biasa selalu berisi kerentanan yang tidak diketahui untuk pengembang, dan beberapa kerentanan ini bahkan telah diketahui oleh calon penyerang. “Perangkat lunak dan teknik keamanan yang diperlukan untuk memenuhi tujuan ini sayangnya masih langka saat ini dan kita harus terbiasa dengan ini. CHACE adalah inisiatif BlackBerry untuk mencapai tujuan ini,” ujarnya.

Kunci kolaborator dengan CHACE meliputi lembaga akademis serta kelompok industri yang mempunyai komitmen sama dengan BlackBerry yaitu praktek dengan jaminan terbaik. Sebagai contoh, CHACE akan berkolaborasi dengan kesehatan masyarakat untuk menjawab kekhawatiran dari generasi berikutnya untuk perangkat dan aplikasi medis nirkabel.