Tuesday, October 15, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Sony Xperia E4 Dual: Ponsel Multimedia Berbodi Lebar

Sony Xperia E4 Dual: Ponsel Multimedia Berbodi Lebar

-

SOny-Xperia-E4 Selain profesional, segmen anak muda juga jadi pasar yang menggiurkan bagi para vendor smartphone dalam memasarkan produknya. Seperti halnya Sony yang baru saja meluncurkan Sony Xperia E4 Dual. Masih mengunggulkan fitur multimedia, ponsel berbodi lebar ini  dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Produk anyar ini dibandrol dengan harga Rp 1.9 juta, yang disiapkan untuk bertempur di kelas menengah ke bawah. Sony Indonesia menyatakan jika melihat spesifikasi dan fitur ditawarkan, ponsel ini cocok untuk anak muda rentang usia 15-20 tahun, terutama para “alay”.

[quote_box_center]Keunggulan
–    Fitur multimedia lengkap
–    Hasil Foto bagus
–    Kemampuan Dual SIM
Kekurangan
–    Desain terlalu lebar
–    Hasil perekaman video kurang fokus[/quote_box_center]

 

DESAIN

Tidak seperti seri Xperia lainnya yang menganut desain Omni Balance yang tipis dan elegan, E4 justru memiliki bentuk seperti ponsel biasanya, bahkan terkesan agak gemuk pada bagian back cover. Dibagian ini Sony membuatnya dengan material plastik matte yang agak licin. Namun begitu E4 masih menghilangkan siku pada setiap sudutnya, yang dimaksudkan agar ponsel nyaman dan ergonomis saat digunakan.

SOny-Xperia-E4_2Tidak banyak tombol tersedia pada ponsel ini. Anda hanya menemukan di sisi kanan, yakni tombol tombol kontrol volume dan tombol power/unlock. Disisi sebeliknya tersedia port MIcroUSB, sedangkan komponen lainnya yang tersedia ada port audio 3.5 mm disebelah atas. Selain didominasi dengan luas layar 5 inci, pada bagian depan juga tersedia kamera depan dengan ikon Dual yang menandakan bahwa ponsel ini memiliki kemampuan Dual SIM.

SOny-Xperia-E4_3Display

Tidak mengadopsi teknologi triluminos seperti pada perangkat premium, Xperia E4 masih memiliki layar yang jernih dan sudut pandang yang cukup luas. Hla ini berkat teknologi IPS (In-plane switching). Sony juga mengklaim Xperia E4 datang dengan latar yang cerah, secerah teknologi yang digunakan pada produk TV mereka.

InterfaceXperia E4 Dual berjalan diatas Android v4.4.4 (KitKat) dengan interface Xperia UI. Pada halaman lockscreen Sony Xperia E4 menggunakan metode slide ke atas atau ke bawah untuk membuka layar.  Pada halaman ini pengguna juga dapat langsung mengakses kamera dengan slide dari bawah layar menuju ke shortcut kamera. Di halaman homescreen menampilkan widget “What’s New” yang berisi konten-konten terbaru yang berisi aplikasi dan game terbaru dari Sony. Secara default pada halaman yang sama Sony menempatkan 4 tombol (Google Play, Messaging, menu panggilan dan folder yang berisikan layanan Google .

Termasuk didalamnya Sony juga membenamkan aplikasi khas Sony, seperti Walkman, Album, Movies, PlayStation, Sketch, Livelog, Walkman, Sony Select, trackID dan masih banyak lagi.

Kinerja

Untuk menjalankan sistem operasinya, Xperia E4 dibekali dengan prosesor Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 dengan chipset Mediatek MT6582. Didukung dengan GPU Mali-400MP2 dan RAM 1 GB membuat Xperia E4 nyaman baik untuk hiburan maupun bekerja.

HardwareUntuk menyimpan data dan file multimedia, Sony telah menyiapkan memori internal sebesar  8GB. Anda masih dimanjakan dengan tambahan microSD bila masih ingin menginstal aplikasi atau game tambahan yang memakan storage besar. Slot memori eksternal ini masih dapat ditambahkan hingga 32GB.

Saat diuji menggunakan aplikasi Antutu benchmarkå ponsel ini mampu mendapatkan skor sekitar 16 ribuan. Tidak hanya itu ponsel ini juga masih mampu diajak untuk bermain game sekelas Aspalt8 dengan baik.

Baterai

Untuk dapat bertahan aktif, Sony telah menyiapkan baterai jenis Li-ion dengan kapasitas 2.300 mAh. Didalamnya sudah termasuk pengaturan baterai dengan beberapa mode sehingga baterai di ponsel dapat di optimalkan sehingga dapat hidup lebih lama.

Mode Stamina terdapat Mode Extended standby, merupakan fitur ini akan menonaktifkan aplikasi dan fungsinya, saat layar ponsel tidak digunakan. Namun begitu pengguna masih dapat menerima telpon, melakukan SMS, mengaktifkan alarm dan beberapa aplikasi yang Anda pilih. Ada juga mode Extended usage dimana saat daya baterai sedang menipis mode ini akan menghemat daya hingga 14%.

POwerDan terakhir ada Ultra Stamina Mode. Ultra Stamina mode akan membantu daya baterai secara siknifikan. Dengan membatasi ponsel ke fungsi inti, seperti seperti panggilan dan SMS, sehingga Anda bisa daya tahan baterai bisa bertahan lebih lama.

Dengan fitur tambahan yang dimilikinya, ponsel ini mampu bertahan cukup lama dibandingkan ponsel lain meski dengan kapasitas baterai yang sama besar. Kami sendiri dapat menggunakan ponsel dengan cukup lama setidaknya hingga 2 hari dengan penggunaan yang standart.

Internet dan Konektifitas

Dengan embel-embel nama “Dual” dibelakangnya sudah jelas bahwa ponsel ini mampu mengakomodasi dua kartu SIM sekaligus, dimana keduanya dapat aktif secara bersamaan (dual standby).

Untuk koneksi interne, E4 Dual mendukung teknologi 3G/HSPA dengan koneksi ini ponsel mampu dipacu dengan kecepatan internet hingga 21.1 Mbps untuk download dan 5.76 Mbps untuk upload. Disamping itu pengguna juga masih dapat memanfaatkan koneksi Wifi. Dengan koneksi ini pengguna dapat terhubung pada jaringan hotspot.

KoneksiKoneksi lainnya masih ada Bluetooth dan Kabel data MicroUSB. Tidak sampai disitu, port microUSB-nya juga memiliki kemampuan USB OTG  sehingga membuat pengguna lebih leluasa melakukan transfer data kapanpun.

Sony juga menyiapkan koneksi GPS yang dikombinasikan dnegan aplikasi dari Garmin. Jadi, selain melalui aplikasi Google Maps,  pengguna dapat memanfaatkannya sebagai fitur navigasi. Untuk dapat penggunakannya, pengguna harus mendownload terlebih dahulu untuk peta Indonesia.

Multimedia
Untuk fitur multimedia, selain fitur bawaan Android, Sony Xperia E4 Dual sudah dibekali dengan fitur Walkman yang mampu memutar banyak file audio seperti MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX dan OTA.

MultimediaBelum lagi  E4 Dual juga sudah memiliki fitur khusus untuk menambah kemampuan audionya, seperti teknologi xLOUD dan Clear Audio. Kedua teknologi ini mampu memainkan musik hingga 100 desibel.  xLOUD mampu memberikan suara yang lebih nyaring dan audio yang lebih dalam, suara yang lebih kaya yang meningkatkan kinerja bass.

Sedangkan teknologi Clear Audio yang terdiri dari Clear Stereo, Clear Bass dan Clear Phase yang mampu meminimalkan distorsi dan memberikan pada setiap lagu yang dimainkan. Dengan fitur ini E4 Dual secara otomatis akan memilih pengaturan kualitas audio terbaik.

Sony juga menyediakan Party Share, yakni aplikasi yang memungkinkan siapa saja dapat berbagi musik dengan teman melalui ponsel via Wifi direct. Party Share juga daoat digunakan untuk mengumpulkan gambar Anda dan teman.

Untuk fitur pemutaran video, pengguna dapat melakukannya melalui aplikasi Movies. Sony Xperia E4 Dual mampu memutar file video seperti: MP4, M4V, 3GP, 3G2, MKV dan WEBM. Selebihnya aplikasi ini dapat memunculkan subtittle.

Dengan fitur yang dimilikinya, ponsel ini dapat menghasilkan suara yang cukup bagus baik, melalui speaker maupun earphone yang tersedia pada paket penjualannya.

Kamera

Xperia E4 Dual mengkombinasikan kamera 5 megapixel dengan fitur tambahan seperti auto scene recognition dan HDR. Dengan fitur HDR (High Dynamic Range) akan memberikan hasil yang bagus meski mengambil foto pada kondisi backlight. Sedangkan 2 megapixel pada kamera depan cukup untuk mengakomodasi foto selfie.

KameraSeperti pada beberapa ponsel seri Xperia, ponsel ini juga sudah dibekali dengan beberapa fasilitas agar pengguna lebih kreatif dnegan memainkan efek seperti AR Fun, AR Creative, Photo Sound, Creative Effect, Timeshift burst, Live On Youtube, Social live, Sweep Panorama dan Portrait retouch. Jika masih kurang pengguna masih dapat menambahkan fasilitas lainnya dengan mendownload pada pilihan yang tersedia.

Beberapa diantaranya yang unik adalah pada AR Fun dan Creative dimana pengguna dapat menambahkan objek tambahan pada kamera. Ada juga ada Live on YouTube, di mana pengguna dapat mem-broadcast setiap moment langsung ke YouTube. Ada juga Portrait retouch mampu dipercantik foto sebelum diambil.

Meski bukan yang terbaik, hasil foto cukup bagus dapat menangkap gambar yang cerah pada pencahayaan yang terang. Tidak hanya itu dimalam hari ponsel ini juga mapu mengambil obyek dekat dengan bantuan lampu flash yang dimilikinya. Yang mengecewakan adalah hasil perekaman video di mana gambar yang diambil tidak cukup fokus dan nampak blur. Secara umum, Xperia E4 Dual memiliki keunggulan dengan menghadirkan fitur multimedia dan hiburan yang terbilang lengkap dengan kualitas yang cukup baik. Namun sayangnya ponsel ini dibanderol dengan harga yang masih terbilang mahal jika dibandingkan ponsel lain di kelasnya.

Hasil Foto:



Latest