spot_img
BerandaHeadlineSamsung Galaxy A5: Bodi Metal, Performa Maksimal

Samsung Galaxy A5: Bodi Metal, Performa Maksimal

-

Samsung Galaxy A5
Samsung Galaxy A5

Membuka tahun 2015, Samsung melahirkan dua anggota keluarga barunya di lini smartphone yaitu Galaxy A5 dan Galaxy A3. Kedua produk tersebut sekaligu membuka klan baru A Series yang dirancang sebagai smartphone stylish. Desain metal unibody menjadi hal yang paling ditonjolkan. Karena baru di dua ponsel inilah Samsung mengadopsinya. Cukup menarik karena meski dikenal sebagai raksasa yang mendominasi pasar ponsel dengan berbagai terobosan, justru Samsung yang paling akhir mengadopsi metal unibody.

[quote_box_center]

Kelebihan:

  • Desain metal unibody
  • Koneksi 4G mumpuni
  • kamera 13 MP hasil bagus

Kelemahan:

Meski berbahan metal, casing terasa seperti polycarbonate
Harga lebih mahal dibanding pesaing

[/quote_box_center]

 

Kehadiran dua smartphone ini seolah menjawab berbagai kritik yang sudah bertahun-tahun dialamatkan pada produsen elektronik asal Korea Selatan tersebut. Karena selama ini di produk premiumnya sekalipun, mereka hanya mengandalkan material plastik dengan desain monoton. Selular.ID tertarik mengetahui lebih jauh apa yang menarik dari produk baru tersebut, terutama seri Galaxy A5 yang merupakan seri tertinggi. Berikut ulasannya.

 

DESAIN
Melihat bentuknya, Samsung Galaxy A5 hampir mirip dengan iPhone 5s, memiliki bentuk yang simetris dengan permukaan depan dan belakang yang rata dan meniadakan setiap sudut sikunya. Hanya saja bodinya lebih panjang dan lebar. Hal ini mungkin karena layarnya yang lebih luas. Namun demikian, secara umum desain dari Samsung Galaxy A5 sangat menarik dengan dimensi yang tipis hanya 6.7mm.

Samsung Galaxy A5 memiliki desain yang minimalis. Dibalut dengan logam metal pada frame terlihat begitu kentara, sehingga membuat desainnya terlihat kokoh. Samsung melapisi bagian frame bezel yang sewarna dengan bodinya, sehingga warna apapun yang anda pilih, frame-nya tetap memiliki warna yang sama.

Memiliki desain sudut yang ergonomis, membuat ponsel sangat nyaman digenggam. Sayangnya dengan lapisan dof yang agak halus dibagian belakang, membuat ponsel mudah slip saat digenggam.

Samsung Galaxy A5
Tampak belakang

Layout kontrol navigasi di Galaxy A5 masih sama dnegan ponsel Samsung lainnya, yakni tombol fisik home dengan dua tombol sentuh disampingnya (tombol back dan recent apps). Namun tidak seperti seri Galaxy Alpha, tombol home di ponsel ini tidak mengandung teknologi fingerprint sensor.

Di atas layar Samsung sematkan lubang earpiece, sensor proximity, ambient light, dan kamera depan 5MP. Untuk kontrol volume terdapat disebelah kiri. Sedangkan tombol power berada disebelah kanan. Di bawahnya terdapat dua slot memori MicroSD dan slot kartu nano SIM.

Samsung Galaxy A5
Tampak samping

Di sebelah atas terdapat lubang kecil untuk sebagai microphone sekunder untuk meminimalisir noise, sedangkan di bagian bawah terdapat lubang utama microphone, port audio jack dan port microUSB.

Di bagian belakang terdapat tombol kamera 13MP bersama LED flash dan lubang untuk loudspeaker. Penempatannya dirasa kurang pas, karena pada saat ponsel diletakkan volume suara akan berkurang, meski komponen lainnya terbilang memiliki letak yang ideal.

LAYAR

Samsung mempertahankan ciri khas teknologi layar pada kelas flagship-nya, dengan layar jenis Super AMOLED. Sayangnya, resolusi layar yang dibenamkan hanya sebatas HD 720p. Padahal, ponsel lain sudah menggunakan resolusi layar full HD 1080p atau di atasnya.

Namun meski begitu, tampilan yang dihasilkan dari layar masih masih terasa nyaman meski memandang layar dalam waktu yang cukup lama. Karena selain jernih gambar yang ditampilkan juga tajam, baik itu pada tulisan atau gambar yang dihasilkan. Selain itu kontras dan saturasi warnanya masih sangat baik, meski digunakan langsung di bawah sinar matahari.

User interface khas Samsung
User interface khas Samsung

Galaxy A5 berjalan diatas Android 4.4.4 KitKat dengan interface TouchWiz UI di atasnya. Tampilannya hampir sama dengan seri Galaxy Alpha, namun dengan beberapa tampilan yang lebih fresh.

Yang menarik adalah pada tampilan task switcher, aplikasi yang berjalan ditampilkan yang dapat berputar secara vertical. Fitur lain yang menarik adalah Multi window yang memungkinkan pengguna menggunakan dua aplikasi sekaligus yang mendukung mode split screen.

KAMERA

Dibekali dengan kamera resolusi 13 MP, Samsung masih menambahkan resolusi 5 MP pada kamera depan. Keduanya dapat digunakan baik untuk mengambil foto maupun merekam video.

Baca juga :  Samsung Hentikan Pembaruan Keamanan Untuk Galaxy Note 8

Pada tampilan view finder kamera, Samsung mengkombinasikan pengambilan foto dan perekaman video. Sayangnya untuk pengambilan foto dengan resolusi maksimal, ponsel hanya dapat menagambil foto dengan aspek rasio (4:3). Untuk mendapatkan hasil foto secara full screen (16:9), maka resolusinya harus menggunakan resolusi 9.6MP.

Antarmuka kamera Samsung Galaxy A5
Antarmuka kamera Samsung Galaxy A5

Di sebelan kanan viewfinder tersedia dua tombol shutter baik untuk merekam video atau mengambil foto. Dibawahnya terdapat pengaturan mode dan the shortcut gallery. Di sebelah kanan, Anda akan melihat pengaturan tambahan, termasuk penggantian kamera belakang dan depan. Selebihnya pengguna dapat mengganti shortcut pengaturan dengan menyeret shortcuts dari pengaturan.

Baca juga :  7 Vendor yang Siap Bersaing di Ranah Ponsel Lipat

Galaxy A5 dibekali beragam modus pengambilan gambar seperti beauty face, shot & more, rear-cam selfie, panorama, continuous shoot, HDR, night, sport, dan lainnya.
Dengan kamera yang dimilikinya Samsung Galaxy A5 mampu menghasilkan gambar yang jelas dan fokus dengan pewarnaan yang sesuai dengan warna objek. Begitu juga hasil perekaman video yang terbilang bagus dan mampu menghasilkan rekaman tanpa lag.

HASIL FOTO Samsung Galaxy A5
Wat Arun
Bianglala
Perkakas

MULTIMEDIA
Fitur music player di Galaxy A5 datang dengan music player dari TouchWiz dan aplikasi bawaan Google Play Music. Pada music player TouchWiz pengguna mampu memainkan banyak file audio yang mendukung, termasuk FLAC. File Music yang ada di ponsel akan disortir berdasarkan kategori.

Di dalamnya juga tersedia Music square, dimana ponsel dapat musik library Anda dan mengkategorikannya sesuai tempo (Exciting atau Calm) dan emotion (Passionate atau Joyful). Kategori ini dapat dimainkan seperti semuah playlist yang sesuai dnegan tempo dan mood.

Aplikasi Music
Aplikasi Music

Untuk dukungan audionya, Samsung telah menambahkan equalizer SoundAlive. Equalizer ini merupakan pengkategorian antara Treble dan Bass, Vocals dan Instrumental. Pengguna juga dapat memilih Auto toggle atau mengaktifkan Tube amp effect, visualisasi 7.1 channel, bersama dengan efek Studio, Club dan Concert Hall.

Untuk Anda yang lebih mahir lagi diperkenankan untuk mengatius secara manual dari tujuh pengaturan equalizer dengan menambahkan efek 3D, Bass dan Clarity.

Fitur lainnya masih ada FM radio yang memiliki kemampuan untuk merekam siaran radio serta dapat dimainkan dengan loudspeaker. Terakhir masih ada Samsung video player yang memiliki banyak fitur. Seperti dukungan terhadap tampilan subtitles yang dapat diatur fontasenya dari segi ukuran dan warna bahkan warna background pada text. Fitur ini juga sudah mendukung DLNA dan TV out dengan kabel, sehingga anda dapat menampilkan video melalui layar eksternal yang lebih besar.

Video playernya sendiri sudah mendukung banyak file video bahkan dengn resolusi 1080p. Namun sayang video dengan audio AC3 tidak dapat dimainkan dengan baik, begitu video dengan audio AAC.

KONEKTIVITAS

Untuk dukungan koneksi pengguna akan dimanjakan dnegan kemampuan koneksi selular sekelas LTE, selain itu masih ada koneksi lain seperti WIfi yang mudah terhubung pada jaringan hotspot yang biasa tersedia pada café-café atau di tempat umum. Berkat koneksi LTE, menjelajah internet terasa lebih nyaman. Membuka website Selular.ID di jaringan yang ada LTE sangat cepat.

Samsung juga sudah menyediakan koneksi lainnya seperti Bluetooth, kabel microUSB bahkan NFC. Dengan koneksi yang lengkap, maka pengguna tidak perlu bingung untuk mentrasfer data dari perangkat apapun.

KINERJA

Untuk urusan perfoma, Samsung mempercayakan chipset sekelas Qualcomm Snapdragon 410 dengan kemampuan prosesor quad-core 1.2GHz Cortex-A53 dan Adreno 306. Didukung dengan RAM 2GB ponsel ini jelas memiliki kemampuan yang mumpuni dari seri performa.

Saat menggunakan beberapa aplikasi atau game berat seperti Robocop, ponsel ini mampu menjalankannya dengan lancar tanpa masalah. Tidak hanya itu kami juga melakukan pengujian dengan menggunakan aplikasi Antutu benchmarking. Dengan aplikasi ini Samsung Galaxy A5 mampu mendapatkan skor 19 ribuan. Dengan hasil ini maka ponsel dapat mengakomodasi semua kebutuhan penggunanya baik untuk urusan kerjaan maupun hiburan.

Untuk kekuatan baterai, Samsung Galaxy A5 menyediakan kapasitas 2300 mAH. Dengan kapasitas baterai ini maka ponsel ini mampu bertahan hingga 5-6 jam dengan penggunaan standart untuk browsing, gaming, berkomunikasi chating dan sesekali untuk menelpon.

(Teks: Ilham, Foto: Bambang)

spot_img

Artikel Terbaru