informate-cover-reportJakarta, Selular.ID – Beberapa hari yang lalu, penyedia layanan cloud Akamai Technologies melaporkan bahwa pada kuartal terakhir 2014 kecepatan internet di Indonesia menurun drastis hingga 50% dari rata-rata 3,7 Mbps di kuartal 3 menjadi 1,9 Mbps. Hal ini membuat rangking kecepatan anjlok dari posisi 77 ke peringkat 122 dunia. Namun ada temuan lain yang kontras dengan laporan Akamai tersebut. Adalah Informate Mobile Intelligence, perusahaan pengukur kualitas jaringan selular yang bermarkas di Seattle, Washington serta kantor di Singapura dan Mumbai yang hari ini mempublikasikan “The International Smartphone Mobility Report”. Pada laporan tersebut, disebutkan bahwa Indonesia memiliki persentase tertinggi untuk lalu lintas data selular.

Informate melacak dan mengukur penggunaan konsumen smartphone di 12 negara yaitu Amerika Serikat, India, Malaysia, Filipina, Afrika Selatan, Brasil, Meksiko, Argentina, Thailand, Turki, Qatar dan tak ketinggalan Indonesia. Laporan tersebut mengukur keterlibatan pengguna smartphone pada berbagai aktivitas komunikasi mencakup panggilan telepon, SMS dan chatting / VOIP.

Menurut CEO Informate Will Hodgman, pengguna smartphone di seluruh dunia meningkatkan frekuensi komunikasi mereka satu sama lain, tetapi sebagian besar waktu yang dihabiskan bukan dalam bentuk panggilan telepon. “Kebanyakan orang Amerika lebih menyukai SMS dan mengirim pesan teks dibanding melakukan panggilan telepon. Sementara itu kebanyakan negara di Asia Pasifik dan Amerika Latin, data menunjukkan preferensi yang kuat untuk penggunaan aplikasi chatting seperti WhatsApp Messenger dan Facebook Messenger,” ujarnya.

Secara rinci, persentase penggunaan data selular di Indonesia mencapai 54% atau tertinggi dari 12 negara utama yang diukur. Sebaliknya, penggunaan untuk Wi-Fi adalah yang terendah dibanding lainnya yakni 46%. Dibanding negara lainnya, Indonesia ternyata juga memiliki persentase waktu browsing yang paling tinggi, sejajar dengan Afrika Selatan. Dalam sehari-hari, pengguna rata-rata menghabiskan waktu menjelajah internet selama 2,6 jam. Total penggunaan data baik selular maupun Wi-Fi rata-rata adalah 5GB per bulan. Warga Amerika Serikat adalah yang paling rakus dalam konsumsi data yakni mencapai 19 GB setiap bulannya.

Selain itu, ada beberapa temuan yang menarik yaitu warga Amerika rata-rata menelepon 6 kali per hari, mengirim dan menerima 32 SMS, dan menghabiskan 14 menit pada chatting / VOIP. Berbeda sekali dengan Amerika yang masih “tradisional”, pengguna smartphone di sembilan dari 12 negara yang diukur, menghabiskan sebagian besar waktu mereka di chatting / VOIP. Thailand mendapat peringkat tertinggi penggunaan chatting / VOIP rata-rata 77 menit per hari dibandingkan dengan 14 menit pengguna di Amerika Serikat. Untuk mengetahui lebih rinci hasil laporannya, silahkan lihat pada slide di bawah ini.