Friday, November 22, 2019
Home Tips Mengenal Sistem Cache di Android

Mengenal Sistem Cache di Android

-

Ilustrasi System cache di Android
Ilustrasi System cache di Android

Jakarta, Selular.ID – Penggunaan memori di Android menggunakan sistem cache untuk mempercepat kinerjanya. Apa itu sistem cache dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah sedikit penjelasannya.

Bagi Anda yang menggunakan ponsel Android mungkin pernah memperhatikan pada saat pertama kali memuat aplikasi. Untuk membuka aplikasi pertama kali biasanya memakan waktu yang lebih lama, dibandingkan untuk yang kedua atau ketiga kalinya. Nah, di sinilah sistem cache itu melakukan fungsinya.

Pada dasarnya file cache pada perangkat Android merupakan kumpulan gambar, video, file teks atau lainnya yang diperlukan untuk menampilkan halaman web, iklan dan banyak lagi.

File cache akan penyimpan eleman gambar dan elemen lainnya tersebut, yang harusnya di-download dari internet, atau diekstrak dari kompresi file aplikasi atau harus dihasilkan secara manual dengan cepat, seperti thumbnail foto. File-file ini kemudian disimpan ke dalam sistem cache.

Sehingga pada saat kedua atau ketiga kalinya Anda membuka aplikasi dapat menarik file tersebut dari memori lokal, sehingga aplikasi dapat memuat lebih cepat dibandingkan saat pertama kali membuka aplikasi tersebut.

Namun meski dapat mempercepat akses aplikasi, sistem cache juga dapat membuat memori cepat habis. Karena semakin banyak eleman gambar tersimpan dimemori, maka semakin banyak pula memori internal ponsel akan terbebani.

Oleh karenanya secara berkala sistem cache harus dibersihkan atau dihapus, untuk mengembalikan kapasitas memori internal seperti semula. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi

Latest