Beranda News Telco Telkomsel Masih Kesulitan Rebut Bali dan Lombok dari XL

Telkomsel Masih Kesulitan Rebut Bali dan Lombok dari XL

-

Teknisi Telkomsel melakukan pengecekan jaringan
Ilustrasi teknisi Telkomsel melakukan pengecekan jaringan (Foto: Hendra/Selular.ID)

Lombok, Selular.ID – Menjadi operator nasional dengan jumlah pelanggan terbesar se-Indonesia, tidak serta merta menjadikan Telkomsel nomor wahid di tiap wilayah. Saat melepas keberangkatan sejumlah jurnalis untuk menghadiri Media Gathering XL 2015 ke Pulau Lombok, siang tadi di Jakarta (25/2/2015), Presiden Direktur sekaligus CEO XL Axiata Hasnul Suhaimi menceritakan obrolannya ketika bertemu dengan Sarwoto Atmosutarno.

Menurut Hasnul, ada impian dari mantan Direktur Utama Telkomsel tersebut yang hingga saat ini masih belum kesampaian. “Target saya cuma satu, bisa merebut Bali dari XL,” tutur Hasnul meniru ucapan Sarwoto. Tapi apa daya, sampai beliau lengser dari jabatannya sebagai orang nomor 1 di Telkomsel, cita-cita itu tidak juga tercapai.

Begitupun dengan XL, menjadi operator terbesar kedua di Indonesia tidak selalu menjadi ekor di tiap area. Buktinya di Pulau Dewata Bali. Kedigdayaan XL di Bali dan sejumlah kawasan startegis nusantara lainnya, ternyata membuat iri anak perusahaan Telkom tersebut.

Sebagaimana diketahui, XL telah lama mendominasi empat pulau Indonesia (Bali, Lombok, Madura, dan Belitung). Bahkan, market share XL mencapai angka fantastis 93 persen di Lombok, ungkap Hasnul.
(Baca juga: Telkomsel Punya 4.900 Pelanggan 4G LTE di Bali)

Direktur Managemen Service XL Ongki Kurniawan menuturkan jumlah pelanggan XL di Lombok mencapai 2 juta pelanggan. Menurut data internal perusahaan, angka tersebut sebanding dengan 93 persen dari populasi seluruh pulau. Dengan begitu, Pulau Lombok menduduki peringkat atas dari daftar area kemenangan XL.

Di seluruh Lombok, XL memiliki 2007 BTS (base transceiver station) per akhir 2014. Sekitar 500 BTS di antaranya adalah BTS 3G, dan sisanya BTS 2G. (bda)

Artikel Terbaru