Thursday, November 21, 2019
Home Devices Smart Printer Samsung Rilis Printer SL-M530LX & SL-M4370LX Berbasis Android untuk Enterprise

Samsung Rilis Printer SL-M530LX & SL-M4370LX Berbasis Android untuk Enterprise

-

image
Printer Samsung SL-M530

Bangkok, Selular.ID – Menyambut ajang tahunan Samsung Forum 2015 yang akan digelar besok (12/02/2015), hari ini Samsung memperkenalkan inovasi baru di kategori printer khusus untuk pasar enterprise. Ada dua produk baru yang dirilis yaitu tipe SL-M530 & SL-M4370LX.

Menurut Singgih Wandoyo, Director Enterprise Business PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN), kedua produk ini untuk memberi solusi perusahaan dengan kemudahan mobile printing. “Printer ini cocok bagi para pelaku usaha kecil dan menengah yang kerap melakukan mobile meeting dan menempati virtual office serta SOHO (Small Office Home Office), karena bisa mencetak dokumen dari manapun berada dengan teknologi Cloud,” ujarnya saat media briefing di Hotel Hyatt, Bangkok (11/02/2015).

Yang menarik dari kedua printer tersebut adalah menggunakan platform Android yang selama ini biasanya hanya dipakai untuk smartphone dan tablet. Singgih beralasan, dengan sistem operasi yang sudah dikenal ini akan memudahkan pengguna karena antarmuka yang user friendly, selain itu juga memungkinkan berbagai pengembangan untuk mobile printing.

“Dengan teknologi Android, maka printer bisa memiliki konektivitas dengan smartphone atau tablet. Anda dapat melakukan perintah cetak dari manapun berada melalui Samsung Cloud,” kata Singgih. Selain cloud, mesin cetak ini juga dilengkapi dengan konektivitas NFC untuk print jarak dekat secara nirkabel. Perusahaan ini mengklaim kedua produk tersebut sebagai printer mobile pertama berteknologi NFC yang dilengkapi prosesor Dual Core dan teknologi ReCP (Rendering engine for Clean Page).

Seperti terlihat pada gambar, pada printer besar berukuran 630x506x636 ini mm terdapat tablet layar sentuh 10 inchi untuk pengoperasian. Pengguna bisa menambah atau mengurangi aplikasi layaknya tablet Android. Untuk meningkatkan keamanan, dibuat sistem otentikasi LDAP dengan memasukkan username dan password sehingga bisa dilacak siapa saja yang mencetak. Namun saat Selular.ID menanyakan kompabilitasnya, ternyata printer cloud ini masih terbatas. “Untuk saat ini hanya bisa dipakai pada perangkat Samsung dan berbasis Android. Terdapat aplikasi yang harus diinstall pada perangkat client yang memungkinkan pengguna bisa scan dan print secara mobile. Bisa juga cetak jarak jauh (remote) dengan mengakses platform Samsung Cloud,” ujar Achmad Kursani, Product Marketing Manager Printing Solution PT SEIN.

Pihak Samsung masih belum mau memberi tahu harga di pasaran. Hanya menjawab secara diplomatis bahwa harganya sangat kompetitif baik dari segi printer maupun biaya cetak. Menurut rencana, kedua printer tersebut akan diluncurkan di Indonesia pada tanggal 24 Februari 2015 mendatang.

Latest