Friday, September 20, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Mito Impact A10: Berbasis Android One, Kualitas Menawan

Mito Impact A10: Berbasis Android One, Kualitas Menawan

-

mito-impact-a10Android One adalah inisiatif Google untuk menghadirkan smartphone berkualitas dengan harga terjangkau. Tetapi karena raksasa mesin pencari ini bukan pabrikan ponsel, kemudian menggandeng sejumlah mitra khususnya di negara berkembang sesuai target proyek ini. Di Indonesia, Google menggandeng tiga vendor lokal terkemuka yakni Mito, Evercoss dan Nexian.

Google yang membuat standard dengan menentukan spesifikasi hardware, software hingga desain. Hal ini memastikan kinerja ponsel yang handal sesuai standard perusahaan teknologi tersebut. Selain itu, untuk menyajikan pengalaman memakai perangkat Android yang sebenarnya. Intinya, smartphone tersebut harus nyaman dipakai, handal dan murah.

[quote_box_center]

Kelebihan:
– Desain stylish
– Performa bagus
– Harga terjangkau

Kekurangan:
– Resolusi layar dan kapasitas baterai pas-pasan
– Hasil gambar di malam hari kurang bagus

[/quote_box_center]

 

Di meja redaksi Selular.ID, sudah ada salah satu perangkat Android One yakni Mito Impact A10. Smartphone yang dijual di toko online Blibli.com ini menuai respon  bagus dari pasar dengan terjual lebih dari 5.000 unit. Smartphone ini hadir sesuai dengan desain stylish yang dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih. Berikut ini review Mito Impact Android One.

DESAIN

Smartphone ini hadir dengan desain yang stylish dan ergonomis. Meski dibanderol dengan harga sangat murah, namun kualitas desainnya cukup bagus Terlihat berkelas dengan finishing yang cukup bagus. Ponsel ini memiliki dimensi 132 x 67 x 8.9 mm yang cukup tipis dan ringan, nyaman dalam genggaman.

Bagian depan terlihat bersih tanpa ada satupun tombol. Layar berukuran 4,5 inchi mendominasi bagian muka, dengan menyisakan sedikit ruang di bagian atas untuk kamera depan dan bagian bawah yang tidak ada fungsi apapun. Jika melihat bagian bawah yang kosong, seharusnya ukuran layar bisa dibuat lebih besar lagi, atau body dibuat lebih ramping. Namun ini bukan sesuatu yang krusial. Karena ponsel murah, maka casing penutup baterai hanya berbahan plastik. Untungnya finishing cukup baik sehingga tidak terkesan murahan.

mito impact android one

LAYAR

Smartphone memakai layar 4,5 inchi berteknologi In-Plane Switching. Ukuran yang sangat pas untuk pengguna, karena tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil. Enak dipakai untuk browsing, baca email, menonton video YouTube hingga mengetik di layar virtual yang responsif. Resolusinya 854 x 480 yang terbilang sudah mencukupi. Ukuran resolusi standard ini membuat CPU dan GPU bekerja lebih ringan, tanpa mengurangi kualitas gambar karena memiliki tingkat kepadatan layar (density) 218 ppi.

Tampilan antarmuka Mito Impact
Tampilan antarmuka Mito Impact

ANDROID 5.1 LOLLIPOP
Berbeda dengan kebanyakan smartphone Android di pasaran yang update sistemnya bergantung pada pengembangan dari sisi vendor, ponsel ini akan selalu up-to-date karena berbasis Android One. Jika ada versi terbaru Android, maka smartphone ini mendapat prioritas sebagai yang pertama memperolehnya.

Belum lama ini Google merilis versi terbaru dan tercepat Android 5.1 Lollipop. Di saat, smartphone lain masih menunggu jatah update yang masih belum tahu waktunya, Mito Impact sudah bisa mencicipi lezatnya Lollipop.

Android 5.1 Lollipop menawarkan performa yang dua kali lebih baik dibanding versi sebelumnya (Android 5.0) dan empat kali lebih cepat dibanding Android KitKat. Hal ini akan terasa begitu Anda mengaktifkan ponsel dan memasuki homescreen. Perpindahan antar menu terasa smooth.

Ciri khas Android 5.1 Lollipop adalah hadir dengan antarmuka material design yang lebih simpel dan modern. Desain terlihat lebih berani, warna-warni, dan responsif dengan pengalaman yang intuitif dan konsisten.

Seluruh aplikasi dan layanan Google favorit Anda secara default sudah terinstall di sini. Semua bisa diakses dengan semudah sentuhan jari. Berpindah antar aplikasi pun sangat mudah dengan hanya menekan tombol virtual Multi Tasking berbentuk kotak persegi di kanan bawah.

Pada sektor keamanan, tingkat keamanan pada Android 5.1 Lollipop semakin ditingkatkan secara detail. Misalnya saja saat teman Anda ingin meminjam perangkat untuk browsing atau menonton YouTube, pengguna pun dapat melakukan penguncian aplikasi dengan Screen Pinning sehingga tidak ada aplikasi lain yang dapat dibuka oleh temannya.

Beberapa aplikasi built-in antara lain Google Chrome, Google Maps, Google Photos, Google Translate, Maps, FM Radio, Email, Play Store, YouTube, Kamera, dan sebagainya. Anda bisa mengunduh lebih banyak lagi aplikasi dan game melalui Play Store yang membuat ponsel lebih powerful.

KAMERA

Bagi penggemar fotografi, MITO IMPACT akan memanjakan Anda dengan segudang fitur. Ponsel canggih ini dibekali dengan dua buah kamera berkualitas tinggi, masing-masing adalah 5MP untuk rear camera yang disertai Flash Light dan 2 MP untuk front camera.

Untuk memotret, terdapat aplikasi Google Kamera yang mampu menangkap foto dan video dengan cepat dan mudah. Serta memanfaakan kemampuan komputasi perangkat Android dengan fitur perbaikan gambar seperti HDR, Lens Blur, Wide Angle, Panorama, dan Foto 360°.

Antarmuka terlihat simpel dan intuitif sehingga Anda bisa lebih fokus untuk memotret dan menghasilkan foto yang berkualitas. Untuk memotret lebih kreatif, Anda bisa menggunakan beberapa fitur seperti Lens Blur yang bisa memanipulasi kedalaman (depth of field) agar berfokus pada subyek di latar depan dan mengaburkan latar belakang atau lebih populer disebut efek bokeh. Hasil foto terlihat lebih memikat, bagus untuk foto portrait atau narsis.

Fitur selanjutnya yang perlu Anda coba adalah HDR. Dengan mengaktifkan setelah High Dynamic Range ini, tampilan foto terlihat lebih cerah di semua area. Karena menggabungkan beberapa frame foto dari exposure tinggi, rendah dan normal ke dalam satu foto. Yang tak kalah menarik adalah fitur panorama yang membuat rangkaian foto pemandangan dengan wide angle (landscape) terlihat lebih keren saat Anda traveling. Begitupun dengan Photo Sphere yang memungkinkan untuk membuat foto unik hingga 360° yang menakjubkan. Selesai memotret, kita bisa melihat hasil karya melalui aplikasi Photos. Ubah foto agar tampak lebih hidup dengan Auto Awesome, yang juga bisa membuat animasi.

Hasil Foto:
outdoor 1
hdrMULTIMEDIA

Bagi yang sehari-harinya tidak lepas dari musik, MITO IMPACT Android One adalah smartphone yang tepat untuk Anda. Terdapat sejumlah fitur yang siap menghibur Anda mulai dari Play Music, FM Radio, Games, dan tentu saja YouTube. Aplikasi pemutar musik sanggup memainkan aneka format seperti MP3, OGG, FLAC, AAC, dan WMA. Ketika mendengarkan lagu-lagu favorit dari Play Music, suara yang keluar dari speaker terdengar keras dan jernih. Siaran radio kesayangan juga bisa direkam sehingga bisa diputar kapan saja.

Menikmati video streaming YouTube kini semakin mudah dengan MITO IMPACT. Sebuah fitur baru dari YouTube memungkinkan Anda untuk menyimpan video YouTube ke dalam telepon dan menontonnya nanti ketika Anda sedang offline. Fitur ini memungkinkan Anda untuk meminimalkan biaya data yang mahal dan menonton video kapan pun dan dimana pun.

BATERAI

Guna mendukung berbagai aktivitas, MITO IMPACT dibekali dengan baterai berkapasitas 1780 mAh. Tergolong kecil untuk ukuran sekarang. Terlebih jika penggunaan cukup intensif. Jika penggunaan wajar, daya tahan baterainya bisa seharian. Untungnya, terdapat fitur Battery Saver yang bisa memperpanjang usia baterai untuk kondisi darurat hingga 90 menit.

PERFORMA

Smartphone Dual SIM ini menggunakan SoC MediaTek MT6582 dengan prosesor Quad Core Cortex A7 berkecepatan 1,3 GHz dan GPU Mali 400MP2. Sementara itu RAM yang terpasang memiliki kapasitas 1 GB serta storage internalnya sebesar 8 GB dan dukungan slot micro SD untuk ekspansi daya tampung memori.

Dengan modal seperti itu, performanya tergolong handal. Menjalankan banyak aplikasi sekaligus secara bersamaan (multi tasking), berjalan dengan lancar. Tidak ada tanda-tanda penurunan kinerja meski sudah dipakai berjam-jam.

Untuk membuktikannya, terdapat beberapa game yang siap dimainkan seperti Temple Run, Subway Surfer, Asphalt 8 dan sebagainya yang bisa diunduh dari Google Play Store. Menakjubkan, performa MITO IMPACT tak kalah dengan smartphone premium yang dibanderol dengan harga mahal. Memainkan game terasa mulus tanpa lag. Resepnya adalah, Google menggunakan Android RunTime (ART) yang diklaim mengkonsumsi RAM lebih sedikit dibanding Dalvik yang dipakai di Android versi sebelumnya. Saat diuji dengan aplikasi benchmark pun, hasilnya terlihat memuaskan.

Hasil benchmark dengan aplikasi Antutu
Hasil benchmark dengan aplikasi Antutu

Latest