Senin, 27 Mei 2024
Selular.ID -

QR Scanner Kaspersky Bisa Cegah Phising

BACA JUGA

Kaspersky QR Scanner
Kaspersky QR Scanner

Jakarta, Selular.ID – Kaspersky Lab memperkenalkan aplikasi mobile terbaru berupa QR Scanner yang tidak hanya bisa membaca informasi dari kode quick response (QR), tetapi juga memperingatkan pengguna tentang link yang memiliki potensi berbahaya di dalamnya.

Kode QR memungkinkan pengguna mengirimkan link dari layar komputer atau kode tercetak  ke perangkat mobile. tetapi sayangnya banyak URL palsu yang terdapat di kode QR dan membahayakan data yang dimiliki. Tidak ada cara mudah untuk mengidentifikasi kode QR berbahaya dengan mata telanjang. Ini berarti penjahat dunia maya tidak hanya dapat menggantikan gambar dengan kode online; mereka juga dapat secara fisik menempelkan kode QR berbahaya mereka di atas yang asli pada poster dan pemberitahuan sebenarnya.

Phishing sendiri merupakan pembuatan halaman palsu untuk mendapatkan data pribadi para pengguna atau menginfeksi perangkat mereka dengan malware dan bukan merupakan ancaman baru. Ancaman ini telah digunakan oleh penjahat cyber selama bertahun-tahun.

dengan aplikasi baru yang dikeluarkan Kaspersky ini dapat membantu pengguna mengidentifikasi situs-situs berbahaya yang baru-baru ini muncul di Internet. Saat ini Kaspersky Lab juga telah memperluas perlindungan anti-phishing untuk kode QR. Kaspersky QR Scanner ini bisa diunduh secara gratis untuk Apple iOS dan Google Android. (Ind)

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU