Sunday, December 8, 2019
Home News Ditekan Amerika Soal TKDN 40 Persen, Bagaimana Tanggapan Menkominfo?

Ditekan Amerika Soal TKDN 40 Persen, Bagaimana Tanggapan Menkominfo?

-

RudiantaraJakarta, Selular.ID – Amerika Serikat melalui American Chamber of Commerce (AmCham) dikabarkan memprotes kebijakan mengenai Total Kandungan Dalam Negeri (TKDN) bagi ponsel 4G yang harus memenuhi 40 persen kandungan lokal jika ingin dijual di Indonesia.

Seperti dikutip dari Reuters, Kadin Amerika tersebut sudah melayangkan surat tertulis kepada Menkominfo mengenai keberatannya tersebut. Terkait hal ini, Selular.ID Coba  mengkonfirmasi Rudiantara, Menkominfo RI melalui pesan singkat namun Rudiantara belum membalas pesan tersebut hingga tulisan ini diturunkan.

Redaksi pun coba mengkonfirmasikan hal ini kepada Ismail Cawidu, Kepala Humas Kementrian Komunukasi dan Informatika RI melalui sambungan telepon.

Ismail mengakui belum mengetahui adanya surat tersebut. “Kami belum tau ada masalah itu ataupun surat yang ditujukan ke Menteri, saya akan kabari secepatnya kalau sudah ada informasi”, jelasnya. Terkait aturan TKDN yang dinilai AmCham bertentangan dengan aturan WTO Ismail berkomentar hal tersebut menjadi domainnya Kementrian Perdagangan.

Dalam pemberitaan AmCham juga menilai Indonesia tidak mempunyai supply chain yang cukup untuk memproduksi ponsel berkualitas tinggi. Aturan TKDN tersebut juga dinilai akan membatasi akses teknologi bagi masyarakat Indonesia.

Latest