Monday, June 17, 2019
Home News Telco Begini Cara Kerja Simbox Fraud

Begini Cara Kerja Simbox Fraud

-

image
Simbox berisi kartu prabayar yang berhasil disita oleh Kominfo

Jakarta, Selular.ID – Iming-iming tarif internasional yang murah memicu tingginya permintaan penyalahgunaan penyelenggaraan terminasi trafik internasional yang biasa dikenal dengan sebutan simbox fraud. Sebenarnya bagaimana cara kerjanya tindak kejahatan telekomunikasi tersebut?

Michael Adiguna, Tim Teknis Penertiban Penyalahgunaan Penyelenggaraan Trafik Internasional menjelaskan bahwa sesuai namanya, pelaku menggunakan alat yang disebut simbox. Alat tersebut berisi kartu prabayar operator yang ada di Indonesia.

Secara teknis sambungan telpon dari luar negeri tersebut diterminasi dan perangkat itu me-redial panggilan tadi dan mengalihkannya ke koneksi internet (VoIP) sehingga tidak melalui jalur yang seharusnya dilewati. Sambungan tersebut ketika masuk ke Indonesia disalurkan kembali melalui simbox yang telah berisi kartu prabayar sehingga trafik yang seharusnya international jadi lokal.

“No yang diterima oleh hp si penerima adalah nomer lokal”, jelasnya. Mengingat percakapan internasional tersebut menggunakan VoIP maaka kualitas suara yang dihasilkan pun tidak terlalu jernih.

Untuk memasarkan jasanya pelaku biasanya menggunakan akses internet yang menawarkan kepada pihak asing yang membutuhkan trafik ke Indonesia dengan tarif yang murah. “Mereka menawarkan melalui internet ke orang yang ada di luar negeri bahwa mereka mempunyai trafik luar negeri dengan harga yang murah. Begitu tarif disepakati terjadilah penyalahgunaan tersebut”, paparnya.

Pengguna jasa bisnis ini biasanya orang-orang Indonesia yang berada di luar negeri dan ingin menghubungi sanak keluarganya yang ada di Indonesia dengan tarif yang terjangkau.

Alat Simbox itu sendiri menurut Michael diperjualbelikan secara bebas melalui situs Alibaba dengan nama produk GSM VoIP Gateway. “Harganya sekitar 30juta per unit tergantung jumlah simcard yang bisa ditampung. Biasanya ada yang memuat 8, 16 atau 32 kartu pra bayar”, pungkasnya.

Latest