Friday, April 26, 2019
Home Fokus Diduga Ada Keterlibatan Dealer Kartu Prabayar Dalam Simbox Fraud

Diduga Ada Keterlibatan Dealer Kartu Prabayar Dalam Simbox Fraud

-

kartu-prabayarJakarta, Selular.ID – Untuk menjalankan aksi penyalahgunaan terminasi trafik internasional atau yang disebut Simbox fraud, pelaku menggunakan simbox yang berisi kartu prabayar milik tiga operator besar yang ada di Indonesia. Kartu prabayar yang berhasil disita oleh Kominfo ini jumlahnya sangat banyak.

Banyaknya jumlah kartu prabayar yang digunakan tersebut, Kalamullah Ramli, Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika mengatakan ada kemungkinan keterlibatan dealer dalam kasus ini. “Kemungkinan dealer terlibat itu ada, kita sedang gali lebih jauh bagaimana keterlibatan dealer dalam kasus ini”, jelasnya.

Dari hasil pengamatan Selular.ID di ruang penyimpanan barang bukti yang telah disita di kantor Kominfo, jumlahnya sangat banyak ada beberapa karung yang berisi kartu prabayar dari ketiga operator. “Jumlah persisnya ada berapa kami tidak menghitungnya”, ungkap Dirjen yang biasa disapa Muli.

Selain akan memeriksa lebih jauh mengenai hal ini, Muli juga meminta operator untuk lebih ketat lagi dalam melakukan registrasi kartu prabayar bagi pelanggannya. Menurut Muli, kejadian ini juga sebagai akibat dari murahnya kartu prabayar yang dijual di pasaran serta masih belum ketatnya proses registrasi pelanggan kartu prabayar.

Meskipun ditengarai karena murahnya harga jual kartu prabayar namun demikian menurut Muli Kominfo tidak akan mengatur mengenai harga jual kartu prabayar.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest