Monday, June 17, 2019
Home News Telco Kominfo Tangkap "Maling" Trafik Internasional

Kominfo Tangkap “Maling” Trafik Internasional

-

image
Kalamullah Ramli, Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Kominfo RI

Jakarta, Selular.ID – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI melalui Tim Penertiban Penyalahgunaan Penyelenggaraan Trafik Terminasi Internasional berhasil mengungkap dan menangkap “Maling” trafik internasional. Pelaku penyalahgunaan trafik internasional tersebut ditangkap di tiga wilayah.

Para pelaku yang berhasil dibongkar operasinya oleh Kominfo tersebut berada di Indramayu, Bogor dan Jakarta. Menurut Kalamullah Ramli, Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Kominfo RI, kasus yang terjadi di Jakarta merupakan yang terbesar dimana pelaku di bulan Desember 2014 saja mengaku mendapatkan penghasilan sebesar Rp323.347.680.

Penyalahgunaan trafik terminasi internasional merupakan penyaluran trafik dari luar negeri menggunakan jalur dan perangkat tertentu secara tidak sah. Pelaku biasanya menggunakan perangkat berupa Simbox (GSM Voip Gateway) yang mampu mengalihkan trafik dari luar negeri menjadi panggilan lokal melalui koneksi internet.

Dirjen PPI mengungkapkan bahwa penyalahgunaan trafik terminasi internasional ini berpotensi menimbulkan kerugian industri telekomunikasi sekitar Rp1,26 Triliun per tahun.

“Indikasi terjadinya penyalahgunaan ini kami mendapatkan laporan dari operator yang mengungkapkan adanya terminasi trafik dari luar negeri dan menurunnya pendapatan operator dari panggilan luar negeri”, ungkap Dirjen yang biasa disapa Muli.

Dugaan pelanggaran yang disangkakan kepada pelaku adalah pelanggaran UU 36 tahun 1999 tentang telekomunikasi dengan ancaman hukuman penjara selama 6 tahun dan denda paling banyak Rp600 juta.

Latest