Beranda News Bahaya Durak, Malware Berwujud Aplikasi Game Kartu

Bahaya Durak, Malware Berwujud Aplikasi Game Kartu

-

Ilustrasi Durak Malware, foto: thedrum.com
Ilustrasi Durak Malware, foto: thedrum.com

Jakarta, Selular.ID – Dikenal begitu rentan, pengguna smartphone Android harus waspada terhadap serangan malware. Ada malware Android baru yang kabarnya telah menyusup pada sebuah aplikasi populer pada Google Play.

Menurut sumber dari Avast, telah menemukan keberadaan malware tersebut dalam sebuah aplikasi yang bernama Durak, yang merupakan sebuah game kartu yang saat ini sudah tercatat diunduh sebanyak 5 hingga 10 juta kali dari pengguna berbagai dunia. Bisa dibayangkan berapa juta saja smartphone yang telah diserang oleh malware tersebut.

Akibat malware Android tersebut, pengguna smartphone akan dihantui dengan iklan-iklan setiap waktu mereka mengoperasikan ponsel pintarnya. Malahan, malware tersebut juga memberikan sebuah peringatan pada pengguna ponsel mengenai masalah yang telah dialaminya, serta mengatakan jika smartphone Anda telah kadaluarsa.

Awal mulanya pengguna yang telah menginstal aplikasi yang telah terinfeksi malware tersebut, ponselnya masih tetap menunjukan kinerja yang normal dalam kurun waktu 30 hari. Namun setelah melewati 30 hari, malware Android mulai beraksi dengan cara memunculkan iklan yang mengganggu pengguna ponsel.

Dalam kondisi terserang malware, pengguna akan ditawarkan dengan adanya sebuah tombol bantuan untuk memperbaiki masalah. Namun, jika pengguna mengikuti bantuan tersebut, pengguna akan diarahkan pada sebuah software palsu yang berbahaya.

Artikel Terbaru