Minggu, 23 Juni 2024
Selular.ID -

AR&Co Ramaikan Industri Kreatif Augmented Reality Dalam Negeri

BACA JUGA

Tim AR&Co saat memeragakan demo Augmented Reality, (foto: Choi/Selular.ID)
Tim AR&Co saat memeragakan demo Augmented Reality, (foto: Choi/Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – Mau merasakan gabungan antara konten aplikasi dan dunia nyata kini bisa dikelola oleh konsep augmented reality (AR). Melalui aplikasi AR, pengguna tinggal mengarahkan ponsel ke suatu objek, lalu akan muncul konten dan informasi yang berkaitan tentang objek itu di layar perangkat semisal smartphone atau tablet.

Pemanfaatan AR sangat beragam bentuknya. Di dunia gaming, misalnya, pengguna bisa diarahkan untuk mencari objek tertentu di dunia nyata dan membuatnya tampak hidup. Di Indonesia sendiri, teknologi ini mulai dikembangkan secara serius oleh AR&Co.

Dalam kesempatan mengisi booth di Telco BIG IT 2.0 Summit 2015, AR&Co yang diwakili Ricky dari IT division, memeragakan demo penggunaan teknologi augmented reality sehari-hari kepada Selular.ID. Ricky menunjukkan keunggulan teknologi ini khususnya bila dipakai di dunia pemasaran hunian rumah. Pemilik brand dapat menyajikan informasi yang jauh lebih menarik dibandingkan sekadar katalog cetak.

“Kita bisa melihat bentuk bangunan 3D dari berbagai sisi yang ingin dilihat lebih jelas, mulai dari kamar mandi, dapur, kamar tidur, dan lainnya,” terang Ricky, saat Selular.ID menyambangi booth AR&Co, di Hotel JW. Marriot, Jakarta Selatan (10/2/2015). Di sela-sela demo aplikasi, Ricky juga menunjukkan permainan unik besutan organisasi dunia dalam hal konservasi lingkungan (WWF) dalam teknologi AR sehingga membuat hewan-hewannya terasa nyata.

Semenjak eksis, AR&Co telah mengerjakan lebih dari 300 project AR untuk lebih dari ratusan brand seperti Disney, Caltex, WWF, Cartoon Network, dan Garuda Indonesia. Ricky menyatakan rasa bangganya ikutan menggarap proyek AR karena berarti membuktikan bahwa industri kreatif Indonesia sudah menuju ke arah modern.

“AR&Co dikerjakan oleh murni sekitar 30-an talenta lokal, Kami telah berkembang dalam skala global,” ujar Ricky.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU

Realme GT 6 Ada Versi Murahnya!