Thursday, August 22, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap ZTE Blade G: Smartphone Stylish, Harga Ekonomis

ZTE Blade G: Smartphone Stylish, Harga Ekonomis

-

ZTE Blade G
ZTE Blade G

[quote_box_right]

Keunggulan

  • + Desain stylish
  • + Koneksi internet 3G HSDPA
  • + Fitur multimedia lengkap

Kekurangan

  • Kapastas internal kecil
  • Tidak dilengkapi kamera depan untuk selfie
  • – Kualitas material casing kurang bagus

[/quote_box_right]Lebih sering menyediakan smartphone dengan bundling operator, ZTE memang jarang merilis produk dengan merek sendiri yang hadir di pasaran. Sehingga namanya kurang populer dibanding kompetir yang masih baru sekalipun seperti Xiaomi dan Oppo. Melihat kondisi tersebut, terlebih setelah memiliki logo baru, ZTE mencoba untuk lebih agresif merilis produk dengan merek sendiri. Salah satu produk terbaru yang menyasar konsumen pemula adalah ZTE Blade G (V815W).

DESAIN

Dibanderol harga murah, bukan berarti smartphone besutan ZTE ini hadir dengan tampang murahan. Terbukti ZTE Blade G hadir dengan desain yang fresh. Berbentuk kurva dari bagian belakang ke depan adalah salah satu fokus utama desain ponsel murah ini. Siku membulat menghiasi setiap sudut bodi, memberikan kesan tipis dan nyaman digenggam.

Didominasi warna hitam dof dengan akses silver di dua sisinya memang membuat smartphone kelihatan tangguh. Namun sayang, saat dipegang material bodi yang melapisinya tidak sesuai harapan. Mungkin ini adalah akibat dari label murah yang melekat pada Blade G.

Meski menepatkan tiga tombol sentuh di depan, ZTE tidak menyamakan ikon yang sama seperti smartphone lainnya. Satu tombol tengah didesain bulat untuk menuju ke homescreen, sedangkan ada dua lainnya hanya sebuah titik yang terdiri dari tombol back dan menu. Kedua tombol ini dapat disesuaikan menurut kenyamanan penggunanya melalui menu settings>Hard Key.

Di kedua sisinya terdapat tombol fisik yang berguna untuk kontrol volume (kanan) dan tombol unlock/power (kiri). Komponen lain yang disematkan ZTE adalah port microUSB dan port 3,5mm disebelah atas. Dibelakang tersedia lensa kamera tanpa dukungan lampu flash.

LAYAR
ZTE Blade G punya layar yang standard, mengusung kualitas layar WVGA resolusi 800 x 480 pixel seluas 4 inci. Untuk tampilannya ZTE mengandalkan UI khusus dengan OS berbasis Andoid v4.4 KitKat dibawahnya.

Meski memiliki layar yang pas-pasan, namun pengguna masih dapat mendapatkan responsivitas yang lancar. Selain nyaman bernavigasi, nonton film dan menjelajah dunia maya juga dapat dilakukan dengan sempurrna.

Antarmuka ZTE Blade G
Antarmuka ZTE Blade G

KAMERA

ZTE menyediakan lensa kamera dengan resolusi 2 MP untuk mengabadikan foto dengan ukuran 1840 × 1104 piksel. Didalamya tersedia fitur kamera standard seperti geotaging, face detection, smile shot, HDR, continuos shot dan lainnya. Selain mengambil foto, kamera ini juga sanggup merekam video.

Kalau kamera ponsel kebanyakan tidak bisa mengambil foto di lingkungan gelap, namun berkat teknologi rasio signal-to-noise, hasil kamera ZTE V815W cukup bagus pada kondisi low-light.

Sayangnya para penyuka foto selfie mungkin sedikit kceewa dengan ketiadaan kamera sekunder Karena mereka hanya dapat melakukan foto diri melalui kamera belakang saja.

HASIL FOTO:
Outdoor (1)
Indoor
MULTIMEDIA

Kemampuan pemutar video merupakan salah satu keunggulan dari ZTE V815W. Format file audio dan video popular seperti MP4, WMV, FLV, MKV, dan AVI dapat di putar degan mudah berkat chipset MTK yang ada didalamnya. Tidak hanya itu, pemutar videonya juga mampu memainkan file video dengan resolusi HD 720p. Selain aplikasi Play Music dan pemutar video, tersedia pula fitur radio FM yang sekaligus memiliki kemampuan untuk merekam siaran.

Tampilan video player
Tampilan video player

INTERNET

Menyediakan 3 browser bawaan, opera dan chrome, ZTE dukung penggunanya untuk berinternet melalui koneksi sekelas HSDPA. Melalui ketiga browset ini, pemilik ZTE Blade G dapat membuka halaman HTML5.

Selain brower pengguna juga masih diperkenankan untuk melakukan kegiatan sosial media yang lengkap, mulai dari Twitter, Facebook atau Google Plus. Untuk aplikasi chatting seperti whatsapp emang belum tersedia, namun ZTE menyediakan shortcut langsung untuk dapat mendownloadnya via Google Play.

Tampilan web Selular.ID saat diakses dari browser di ZTE Blade G
Tampilan web Selular.ID saat diakses dari browser di ZTE Blade G

LAYANAN GOOGLE

Berjalan diatas sistem operasi Android KitKat, ZTE V815w menyediakan segala layanan termasuk Google Now. Salah satunya yang sangat diperlukan adalah Play Store yang dapat dimanfaakan untuk mendownload dan menginstal ribuan konten aplikasi dan game. Masih ada Youtube, penyedia konten video. Serta aplikasi Gmail yang mampu menangani semua layanan email termasuk email korporat.

PERFORMA
Untuk menjalankan OS Android, ZTE Bade G diperkuat oleh prosesor dual-core chipset MT6572m , GPU Mali-400 MP. Hardware pendukung kinarja lainnya tersedia RAM 512 MB dan memori internal 4 GB. Jika kurang penggunanya masih dapat menambahkannya melalui slot micoSD yang tersedia dibalik back cover.

Meski tidak dapat menandingi performa smartphone flagship merek ternama, smartphone ini masih dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Bahkan score AnTuTu benchmark yang didapatkan juga terbilang bagus, yakni sekitar 10,000.

Hasil pengujian dengan Antutu Benchmark
Hasil pengujian dengan Antutu Benchmark

Kekuatan baterai yang dimilikinya memang terbilang kecil dengan 1200mAh. Setelah seharian digunakan dengan pemakaian standart, konsumsi data smartphone ini ternyata tidak terlalu boros dan menyisakan 30% sisa kapasitas baterai.

Latest