Friday, August 23, 2019
Home News Microsoft Rilis Windows 10, Gratis Upgrade untuk Pengguna Windows Phone 8.1

Microsoft Rilis Windows 10, Gratis Upgrade untuk Pengguna Windows Phone 8.1

-

Peluncuran Windows 10 (Foto: windows.com)
Peluncuran Windows 10 (Foto: windows.com)

Washington, Selular.ID – Microsoft akhirnya resmi merilis generasi baru Windows 10. Raksasa teknologi yang bermarkas di Redmond, Washington ini mengklaim sistem operasi terbaru besutannya tersebut dirancang untuk memasuki era komputasi baru yang lebih personal untuk memaksimalkan penggunaan Windows – mulai dari perangkat berlayar besar sampai yang tidak berlayar sama sekali. Microsoft menawarkan upgrade gratis terhadap Windows10 yang akan tersedia bagi pengguna Windows 7, Windows 8.1,dan Windows Phone 8.1. Namun upgrade ini hanya berlaku di tahun pertama.

“Windows 10 menandai permulaan dari era komputasi yang lebih personal di dunia mobile-first, cloud first,” ujar Satya Nadella, CEO Microsoft (21/1/2015). Tujuannya adalah untuk membuat 1,5 miliar pengguna Windows saat ini tertarik upgrade ke Windows 10 dan tidak berpaling ke platform lain.

Windows 10 dianggap menandai permulaan dari era komputasi personal. Di mana bukan mobilitas perangkat yang penting, melainkan pengalaman menggunakan perangkat mobile. Platform baru ini menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan pelanggan sehingga merasakan pengalaman yang konsisten, familiar dan kompatibel. Mulai dari Xbox, PC, smartphone, tablet, hingga perangkat kecil sebagai bagian dari Internet of Things.

Microsoft menampilkan berbagai fitur baru yang ada di Windows 10, termasuk di antaranya adalah Cortana yang kini hadir di PC dan Tablet. Asisten pribadi pesaing Apple Siri yang memulai debutnya pada Windows Phone tahun lalu, kini juga tersedia pada Windows10 PC dan tablet untuk membantu pengguna menyelesaikan keperluan mereka sehari-hari.

Antarmuka Windows 10
Antarmuka Windows 10

Windows 10 juga akan menyediakan browser baru Microsoft, yang saat ini masih disebut sebagai “Proyek Spartan”. Entah kenapa Microsoft mengembangkan proyek baru, padahal mereka saat ini sudah memiliki Internet Explorer, walau popularitasnya meredup. Spartan dibangun dengan tujuan untuk memiliki interoperabilitas dengan fitur utama yang sudah ada pada browser.
(Baca: Microsoft Kembangkan Browser Spartan, Nasib Internet Explorer Tamat?)

Selanjutnya Xbox pada Windows10 yang memungkinkan gamer dan developer untuk mengakses jaringan Xbox Live. Mereka dapat meng-capture, mengedit, dan membagikan momen game terbaik melalui Game DVR.

Tambahan fitur dan inovasi Windows 10yang telah disampaikan pada hari ini adalah sebagai berikut:
Mode Continuum. Padaperangkat 2-in-1, Windows 10 akan dapat berpindah secara mudah dari keyboard,mouse, sentuhan, maupun tablet karena Windows 10 dapat mendeteksi transisi yang memungkinkan peralihan mode secara nyaman.
Aplikasi universal baru. Windows 10menawarkan aplikasi yang memberikan pengalaman baru, konsisten di seluruh perangkat untuk foto, video, musik, peta, people & messaging, serta mail & calendar. Konten disimpan dan diselaraskan melalui OneDrive.

 

Latest