BerandaNewsTelcoATSI: Belum Ada Titik Terang Penyelesaian Polemik Operator dan OTT

ATSI: Belum Ada Titik Terang Penyelesaian Polemik Operator dan OTT

-

100_2394Jakarta, Selular.ID – Polemik yang terjadi antara perusahaan over the top (OTT) dan operator selular yang ada di Indonesia  terkait wacana profit sharing antara dua pihak tersebut masih terus berlanjut. Operator ngotot segera direalisasikannya wacana tersebut sementara OTT mengklaim tidak mempunyai kewajiban terhadap profit sharing dengan operator.

Permasalahan tersebut kini sedang difasilitasi oleh Badar Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) untuk segera dicarikan solusinya.  Alexander Roesli, Ketua Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) kepada Selular.ID menjelaskan bahwa sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai permasalahan ini. “Belum ada jalan tengah, sekarang ini masih difasilitasi oleh BRTI untuk dicarikan jalan keluarnya.

Menurut Alex, OTT bersikeras bahwa yang menggunakan layanannya adalah pelanggannya bukan pelanggan operator. Sementara itu operator berpendapat sebaliknya, bahwa semua pelanggan yang menggunakan layanan OTT adalah pelanggan operator.

Oleh karena itu menurut Alex saat ini definisi pelanggan tersebut sedang di-establish sehingga dapat diputuskan langkah selanjutnya. Saat ini menurut Alex masing-masing pihak sedang mengumpulkan legal support untuk memperkuat argumen masing-masing.

Alex juga mengungkapkan bahwa selama ini yang perlu menjadi catatan adalah sikap operator dalam menghadapi masalah ini tidak sama. Ketidakseragaman sikap operator ini menurut Alex dikarenakan perbedaan treatment operator dalam menempatkan iklannya di layanan OTT.

Meskipun demikian, Alex berharap secepatnya masalah ini bisa ditemukan solusinya. “Kami dari ATSI berharap kuartal I 2015 masalah ini bisa selesai, biar kita sama-sama bisa menghasilkan uang”, ungkapnya.

Artikel Terbaru