Jakarta, Selular.ID – Viber rupanya tergoda melihat kesuksesan kompetitornya Line yang meraup pundi-pundi lewat fitur permainan. Pertengahan Desember kemarin, platform instant messaging ini mengumumkan ekspansi besar-besaran dalam aplikasinya dengan meluncurkan Viber Games. Untuk menghadirkan social games ini, mereka menggandeng beberapa pengembang terkemuka dengan menampilkan karakter Viber dan konten ekslusif. Games akan tetap mengambil tampilan dan rasa dari merk Viber itu sendiri, dan menghadirkan banyak karakter yang sudah populer di Sticker Market Viber.
Games yang dihadirkan dalam peluncuran ini termasuk Viber Candy Mania dan Viber Pop dari Storm8 dan Wild Luck Casino besutan Playtika. Permainan dibangun menggunakan “Viber Connect”, sebuah API privat baru yang memungkinkan pengguna mendaftar masuk dengan Viber ID mereka untuk terhubung dengan teman dan kontak mereka di Viber, mengirimi mereka hadiah dan juga memamerkan pencapaian-pencapaian mereka. Di samping itu, pengguna juga akan dapat mengirimkan undangan bermain lewat Viber, dan melihat games apa saja yang sedang dimainkan oleh teman-teman mereka. Games akan dipromosikan lewat bagian Games dan akan bisa diunduh secara gratis lewat Google Play dan App Store. Akses terhadap fitur-fitur tambahan akan tersedia untuk pembelian in-app.
“Kami telah memfokuskan diri untuk mengembangkan fungsi Viber dan sangat gembira untuk meluncurkan Viber Games,” ujar Talmon Marco, CEO Viber dalam pernyataan resminya (15/12/2014). “Ekspansi besar di platform kami ini memberikan orang-orang cara baru lainnya untuk terhubung lewat Viber. Ini merupakan langkah penting bagi kami, dan kami tak sabar untuk mendengar respon dari para pengguna kami.”
Pada tahap awal, fitur baru ini tersedia di Belarus, Malaysia, Israel, Singapura, dan Ukraina. Selanjutnya akan diluncurkan ke berbagai belahan dunia lainnya termasuk Indonesia secara bertahap. Pihak Viber menargetkan, setidaknya mulai Januari 2015 fitur ini sudah tersedia di seluruh dunia. Dengan lebih banyak koleksi games untuk memikat penggunanya.