Beranda Insight Potensi dan Tantangan Bisnis Online

Potensi dan Tantangan Bisnis Online

-

Jakarta, Selular.ID – Manisnya bisnis online store membuat para pelaku usaha di Indonesia ramai-ramai melirik bisnis model ini. Pada Hari Belanja Online Nasional 12 Desember lalu saja ada sekitar 78 toko online yang ikut berpartisipasi. Bahkan kabarnya salah satu situs belanja online besar di Indonesia sempat mengalami gangguan pada servernya karena jumlah pengunjung yang mengakses situs tersebut membludak.

Sebenarnya bagaimana potensi bisnis e-commerce tersebut, sebegitu mudahnya kah menjalankan bisnis tersebut sehingga banyak pelaku usaha mulai yang mulai melirik bisnis ini? Salah satu group usaha besar di Indonesia dalam distribusi produk IT Solution seperti CTI group pun mulai merambah bisnis ini dengan merilis Paradise Store.

Berdasarkan data riset yang ada, perempuan mendominasi jumlah pembeli di online store dengan porsi sebanyak 77,1 persen dengan produk pakaian dan tas yang lebih banyak dibelinya. Sementara itu pria lebih suka membeli smartphone, laptop, tiket perjalanan wisata dan pertunjukan.

Sementara itu dalam bisnis online ini ada beberapa isu yang harus diperhatikan oleh para pelaku onlineshop agar dapat menentukan langkah strategi apa yang akan dilakukan.

– Afraid of fraud 34,6%

– Touch & feel the items 21,5%

– High prices 21,5%

– Not interested 21,5%

– No guarantee 9,3%

Selain isu-isu tersebut, onlineshop di Indonesia juga mengalami tantangan dari sisi payment gateway mengingat transaksi non tunai masih belum populer di negeri ini.

– Bank Transfer 57%

– Cash on Delivery 28%

– Others 8%

– Credit card 7%

Nah, berdasarkan data tersebut semoga onlineshop yang anda miliki mempunyai strategi yang tepat agar dapat terus berkembang. (Ind)

Artikel Terbaru