Saturday, October 19, 2019
Home Persona Laura Basuki: Gunakan Media Sosial Secara Proporsional

Laura Basuki: Gunakan Media Sosial Secara Proporsional

-

Pertumbuhan sosial media (Sosmed) di Indonesia terbilang fenomenal. Diprediksi, sekitar 90 persen pengguna internet di Indonesia memiliki akun media sosial. Tak heran jika di ranah ini, Indonesia adalah salah satu jawara, terutama untuk Twitter dan Facebook. Belakangan, jejaring sosial lain juga terbilang cukup popular, seperti  Instagram, Path, Line, Google+ dan Linkedlin.

Sayangnya, kebanyakan pengguna sosial media memanfaatkan medium komunikasi digital itu,  bukan untuk tujuan yang bersifat produktif. Tak jarang gara-gara status, malah menimbulkan gesekan yang keras di masyarakat dan berujung pada kasus hukum. Hal ini memancing aktris Laura Basuki untuk bersuara.

Menurut wanita kelahiran 1988 ini, kebiasaan bersosial media yang tidak terkontrol, bisa merusak seseorang. “Tiap ada waktu senggang sedikit, orang-orang sekarang ini, langsung buka sosmed untuk ngecek notifikasi masuk,” ungkap bintang film “Haji Backpacker” ini.

Hal itu, menurut Laura, bisa membuat seseorang makin narsis dan tidak bisa bersosialiasi secara langsung dengan orang lain. “Yang ada kita makin narsis dan terus menonjolkan diri sendiri,” jelasnya.

Dengan membiasakan perilaku seperti itu, tidak mustahil banyak waktu yang akan terbuang percuma. Kendati demikian, Laura tidak menampik bahwa sosial media juga memiliki manfaat yang besar, tetapi dia juga berusaha menahan diri agar tidak berlebihan menggunakannya. “Aku punya semua sosmed, karena memang membantu untuk promosi dan lain-lain. Tetapi untuk keperluan harian, aku mencoba menguranginya, proporsional saja,” ucap Laura.

Alumnus fakultas ekonomi Binus yang gemar berganti smartphone ini, menambahkan, jika tidak sedang membutuhkan atau ada kepentingan, ia tidak perlu sering membukanya. Ketimbang berinteraksi di dunia maya, Laura mengaku lebih suka bertemu langsung.

Latest