image

Jakarta, Selular.ID – Awal Desember 2014, vendor ponsel lokal Asiafone menggebrak pasar dengan merilis dua model anyar smartphone yang dibanderol sangat murah seharga Rp 399 ribu. Perusahaan mengklaim ponsel pintar miliknyanya tersebut laris manis diserbu pembeli. Bahkan, beberapa toko di wilayah Jabodetabek dikatakan kewalahan melayani penjualan ponsel murah Asiafone. Minat tinggi masyarakat diyakini lantara baru Asiafone yang berani mematok ponsel dengan harga merakyat.

Menurut Herman Zhou, Direktur Utama Asiafone, penjualan ponsel Asiafone meningkat pesat di akhir tahun 2014. “Terutama setelah meluncurkan tipe AF9190 dan Asiadroid 90,” paparnya.

Bahkan dari laporan Asiafone, angka penjualan naik 300%. Angka penjualan melonjak drastic hingga tiga kali lipat. Menurut Herman, naiknya penjualan Asiafone di luar target yang ditetapkan, yakni sebesar 100%.

Herman menerangkan ada tiga faktor yang membuat penjualan Asiafone meningkat pesat. Pertama adalah faktor harga, di tengah kondisi sulit dan kecenderungan harga-harga naik, Asiafone justru menyediakan perangkat dengan harga yang terjangkau. Masyarakat cenderung memilih produk murah dibandingkan dengan harga mahal.

Kedua, adalah kualitas handphone Asiafone itu sendiri. Dari segi tampilan, kedua tipe Asiafone, AF 9190 dan Asiadroid 90, tidak kalah dengan produk-produk lainnya. Layar full touchscreen, ukuran 3,5 cm dengan kamera 2 MP.

Ketiga, mudahnya mendapatkan ponsel Asiafone di pasaran. Jaringan penjualan Asiafone bertumpu pada outlet toko handphone yang tersebar luas di tengah masyarakat. Toko-toko pinggir jalan, di kampung-kampung, kota kecamatan hingga kabupaten. “Kita memang melayani level low-end, jadi sedapat mungkin harus dekat dengan kalangan masyarakat,” ujar Herman. Jaringan pasar tradisional Asiafone tersebar dari Sumatera, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

Naiknya penjualan ponsel seharga Rp 399 ribu, membuat Asiafone optimis, bisa terus meningkatkan penjualan hingga akhir tahun 2014. Serta bisa menutup Semester II tahun 2014 dengan catatan yang manis. Dalam waktu dekat Asiafone akan meluncurkan produk terbarunya dengan harga sama. ”Sejak awal memang kita berkomitmen untuk menyediakan produk murah dan terjangkau,” ujar Herman. Kedua produk tersebut rencananya akan di luncurkan sebelum Natal dan Tahun Baru 2014. (bda)