Agar lebih percaya diri dalam bermain game di ponsel, ada baiknya Anda tahu lebih dalam tentang hal-hal penting yang menyangkut mobile game. Maklum saat ini game di ponsel sudah makin canggih, beberapa istilah dan informasi yang relatif baru kemudian kerap muncul dan jadi ulasan. Dengan mengetahui istilah-istilah ini pastinya akan membuat pengalaman Anda bermain game lebih mantab, dan pastinya pengetahuan jadi bertambah.

  1. IAP (In App Purchase)
    IAP adalah pembelian item virtual seperti gold, item atau nyawa yang dijual di dalam game. Dengan IAP memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian konten digital tanpa perlu keluar atau meninggalkan aplikasinya. IAP hanya dapat dibeli dengan uang asli lewat pemotongan kartu kredit. Kebanyakan game gratis menggunakan IAP sebagai sumber pendapatan dan semakin kesini peran IAP semakin penting. Walaupun terkesan tidak perlu dan merusak tingkat fun dari sebuah game namun faktanya, IAP diterima dengan sangat baik oleh para pemain.
  2. Ukuran File Game Membesar Setelah di-install
    Ukuran file yang Anda lihat di lembar spesifikasi App Store atau Google Play merupakan ukuran installer. Begitu di install maka beberapa file akan menjadi lebih besar, jadi selalu perhitungkan hal ini. Ambil contoh aplikasi Instagram di Google Play adalah 16MB, tetapi setelah di instal ukuran akan menjadi 25MB. Hal yang sama juga berlaku untuk game.
  3. iOS dan Google Play Mempunyai Fitur Cloud Save
    Di iOS dan Android ada kemampuan menyimpan save game secara cloud sehingga jika Anda delete gamenya dan install ulang maka savenya akan di-download dari server sehingga Anda tidak perlu pusing backup manual. Namun tidak semua game menggunakan hal ini, apa lagi untuk Google Play yang baru saja menggunakan fitur ini beberapa bulan lalu. Biasanya game yang memiliki fitur ini akan mempunyai option khusus atau menanyakan lewat dialog box ketika pertama memainkannya.
  4. Jangan Hapus Game dari Game Center
    Boleh-boleh saja menghapus sebuah game dari iOS gadget, namun jangan pilih delete from Game Center ketika proses uninstall karena dengan begini seluruh achievement & cloud save juga akan di hapus.
  5. Perbedaan Game Premium, Freemium dan Free
    Premium merupakan game berbayar yang biasanya tidak memiliki IAP di dalamnya. Premium game berarti gamenya dijamin dapat ditamatkan tanpa pembelian IAP. Walaupun begitu terkadang game premium tetap menawarkan IAP, walaupun hanya bersifat optional.

    Freemium adalah game yang ditawarkan secara gratis namun dengan mengandalkan IAP dan iklan. Ini tidak berarti Anda harus membeli IAP-nya namun biasanya gamenya akan dibuat lebih sulit dan membutuhkan banyak grinding jika Anda tidak membeli IAP.

    Sedangkan, Free adalah game yang benar-benar gratis tanpa embel-embel apapun. Ini adalah game yang paling langka untuk di cari namun tetap ada. Biasanya game gratis dibuat sebagai proyek, hobi atau promosi tanpa tujuan mencari keuntungan.

  6. Pengaruh RAM dan GPU
    Faktanya, semua hardware & software berpengaruh dalam memainkan game karena gadget adalah sebuah kesatuan sistem. Namun yang paling penting adalah GPU (Graphic Processing Unit) dan ketersediaan Memory (RAM/Random Access Memory). Game-game high-end akan membutuhkan minimal 512MB untuk iOS dan minimal 768 MB untuk Android. Android memang membutuhkan memori lebih banyak karena operating systemnya lebih haus memori. (bda)