WhatsApp kini menjadi aplikasi chat yang diandalkan, untuk itu solusi backup dengan filterisasi konten bisa menjadi hal yang berguna di suatu kesempatan.

WhatsApp sebagai aplikasi chat terbesar di dunia dengan 300 juta member aktif, tentu juga punya solusi backup conversation dan emai conversation. Tapi beberapa dari Anda mungkin memerlukan solusi backup yang lebih detail, dan untuk itu ada aplikasi “Backup Text for WhatsApp” untuk di ponsel Android. Kemampuan aplikasi ini adalah memberikan kemudahan bagi Anda untuk filterisasi konten chat berdasarkan nama, tanggal, tipe message, dan ekspor teks chat. Untuk yang terakhir disebut, ada beberapa format file yang tersedia, seperti normal text (txt), CSV, excel, HTML, dan HTML table. Ekspor file tadi bisa langsung disimpan ke kartu memori atau dapat pula dikirimkan ke email.

Aplikasi ini bukan kreasi resmi dari pihak WhatsApp, untuk mengaktifkannya terlebih dahulu Anda harus membuka aplikasi “WhatsApp > menu setting > chat preference > chat history backup“. Selain ditawarkan gratis, aplikasi ini ukuran file-nya cukup ringan, yakni hanya 445KB.

Ukuran File : 445Kb
Unduh : Google Play Store
Kategori : Messaging tool
Harga : Gratis
Developer : SMeiTi

Backup-WhatsApp-ui1. Macam-macam pilihan filter backup, filter by chat (nama), filter by date, filter by message type, file type, dan export to.
2. Untuk filter by chat, Anda akan diajak untuk memilih nama-nama siapa saja yang chat-nya akan di backup.

Backup-WhatsApp-setting3. Bila telah ditentukan, sistem akan menginformasikan pada layar bawah, dengan “found to..”
4. Untuk filter by date, Anda bisa mengatur rentang jarak mundur terjadinya chat, bisa per kemarin, minggu lalu, bulan lalu, sampai setahun lalu. Atau bisa juga filter secara kustom.

Backup-WhatsApp-type5. Aplikasi ini menyediakan pilihan tipe format untuk hasil backup. Lumayan lengkap sesuai kebutuhan.
6. Hasil backup dapat dengan mudah di ekspor ke kartu memori atau bisa langsung dikirim ke email.