Saturday, October 19, 2019
Home News Aplikasi di Google Play Yang Dibeli dengan Pulsa Indosat Lebih Mahal

Aplikasi di Google Play Yang Dibeli dengan Pulsa Indosat Lebih Mahal

-

Jakarta, Selular.ID – Di saat Telkomsel menggebrak dengan layanan 4G LTE, Indosat melakukan terobosan yang tidak kalah menarik. Bukan mengenai peluncuran 4G LTE, melainkan menjadi operator yang pertama menghadirkan layanan “Google Play Store Carrier Billing” di Indonesia. Sistem Carrier Billing ini  memberi kemudahan konsumen dalam pembelian konten digital yang terdapat di Google Play Store melalui pemotongan pulsa secara langsung.

Sistem potong pulsa ini cukup digemari di Indonesia karena masih banyak konsumen yang kurang familiar berbelanja dengan kartu kredit. Penetrasi kartu kredit di Indonesia terbilang rendah, padahal banyak konten digital yang dijual memakai sistem ini. Layanan carrier billing ini sudah bisa dinikmati oleh pelanggan prabayar (IM3 dan Mentari) maupun pascabayar (Matrix) mulai Senin (8/12/2014) yang memakai smartphone atau tablet dengan sistem operasi Android dan akan dibuka secara bertahap selama lima hari kepada seluruh pelanggan Indosat.

Untuk menikmati layanan ini, pelanggan harus memiliki Google Account terlebih dahulu dan sign-in dengan menggunakan account tersebut. Kemudian, pada pilihan “Payment Option”, pilih “Enable Indosat Billing”. Setelah itu, untuk selanjutnya metode tersebut yang akan digunakan sebagai metode pembayaran default. Tarif konten yang dijual di Play Store bervariasi, mulai dari Rp12.000 sampai dengan Rp2.000.000.

Namun berbeda dengan pembelian melalui kartu kredit yang harganya sesuai dengan yang tertera, jika konsumen membeli melalui sistem potong pulsa harganya menjadi lebih mahal. Indosat berdalih – seperti yang tercantum di websitenya – bahwa untuk setiap transaksi di Google Play Store, pelanggan akan dibebani pajak tambahan sebesar 10% dari harga asli. Sehingga, jumlah pulsa yang dipotong bagi pelanggan IM3 dan Mentari atau dimasukkan ke tagihan bulanan bagi pelanggan Matrix akan lebih besar daripada harga konten yang tertera di Play Store.

Di sisi lain, Indosat cukup fair dengan memberi keleluasaan bagi konsumen untuk membatalkan pembelian jika aplikasi ternyata tidak disukai. Pelanggan hanya dapat melakukan refund secara langsung di dalam Google Play Store, dengan mengklik tombol refund selama batas waktu refund yakni 2 jam dari proses transaksi pembelian. Selanjutnya pulsa akan dikembalikan dalam kurun waktu 1 x24 jam.

Latest