Thursday, May 23, 2019
Home News Jangan Posting Foto Kartu Kredit atau KTP di Twitter dan Instagram

Jangan Posting Foto Kartu Kredit atau KTP di Twitter dan Instagram

-

5 December 2012 19:00
Boleh jadi Anda begitu riang setelah mendapatkan E-KTP, lantas Anda ingin pamerkan lewat foto kepada rekan-rekan di Instagram atau Twitter. Mungkin juga saking gembiranya setelah lama ditanti akhirya Anda mendapatkan kartu kredit, dan lagi-lagi ingin pamerkan kartu kredit di jejaring sosial. Nah, buat Anda yang berniat melakukannya, kini harus ekstra hati-hati. Pasalnya Trend Micro, vendor cloud security, telah  melihat bahwa kejahatan di dunia maya dan para pelakunya lainnya di Internet mungkin tidak lagi harus menggunakan Trojan untuk mengumpulkan informasi data dari pengguna.
Kecenderungan terbaru saat ini yang dibidik oleh pelaku kejahatan cyber adalah memanfaatkan pengguna social media yang dengan sengaja atau pamer memposting kartu kredit hingga KTP di akun Twitter dan Instagram.
Peneliti di Trend Micro, memperhatikan bahwa hal ini dilakukan oleh beberapa anak muda (dan bahkan orang dewasa) di Amerika dan Asia yang memposting gambar kartu kredit dan kartu debit mereka di Twitter dan Instagram. Beberapa dari pengguna social media, yang kebanyakan anak muda yang narsis ini, bahkan memposting SIM mereka dalam tampilan penuh dan tanpa sadar mengekspos informasi sensitif seperti nama lengkap, alamat rumah, tanggal lahir, dan lainnya.
Trend Micro telah melakukan pencarian sederhana di Google, dan telah menemukan banyak gambar kartu kredit di internet. Bahkan, melalui penelusuran khusus, kini penjahat dunia maya mengintip sebuah akun di twitter yang khusus berbagi gambar tentang kartu kredit, nama akun twitter tersebut @NeedADebitCard. Akun ini bahkan telah memiliki follower lebih dari 11.000
Apa yang telah dilakukan oleh pengguna social media, terutama anak-anak muda berusia 16-18 tahun, yang tidak menyadari  dampak dari kecerobohan tindakan mereka ini adalah akan direkamnya data-data pribadi mereka oleh para penjahat cyber. Hal ini tentunya sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan oleh penjahat cyber untuk mengambil keuntungan pribadi. Anda boleh saja memposting gambar apapun, kecuali kartu kredit atau kartu identitas Anda. (Haryo Adjie Nogo Seno)

 

Sumber : www.trendmicro.com

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest