13 October 2014 14:35
Jakarta – Dalam upaya melancarkan proyek internet.org, di Indonesia, Facebook dan Ericsson sebagai salah satu penggagas proyek tersebut, menjalin kerjasama penting dengan beberapa vendor terkait di Tanah Air. internet.org sendiri merupakan proyek yang bertujuan untuk memberikan akses internet ke daerah-daerah terpencil.
Di indonesia, kerjasama tersebut melibatkan operator kedua terbesar di negeri ini yakni XL Axiata (XL). Dalam kerjasama ini semua pihak yang terlibat baik XL, Ericsson, dan tentunya Facebook akan menciptakan metodelogi baru untuk menghitung dan meningkatkan kinerja jaringan secara end to end.
Hasnul Suhaimi, CEO XL Axiata mengungkapkan, kolaborasi ini merupakan salah satu usaha pihak XL untuk terus memberi pengalaman terbaik dan mennyeluruh kepada semua pelanggan, khususnya penggunan data. “Ini adalah pertama kalinya di dunia operator, provider, teknologi jaringan dan provider aplikasi bekerjasama dalam satu proyek. XL sangat bangga menjadi bagian dari kerjasama ini,” ucapnya dalam konferensi pers yang digelar hari ini di Four Seasons Hotel, Jakarta (13/10/2014).
Lebih jauh Hasnul menjelaskan, Internet.org ini menghasilkan simulasi aplikasi Facebook yang telah berhasil meningkatkan kinerja jaringan hingga 70 persen dari cakupan aplikasi di jaringan XL Axiata.
sementara itu, Executive Vice President and Head of Segment Network Ericsson, Johan Wibergh, mengatakan, mobilitas telah mengubah cara hidup masyarakat dan cara mengoperaiskan bisnis mereka. Proyek Internet.org disebut sejalan dengan visi Ericsson dalam Networked Society.
Facebook dan Ericsson sendiri merupakan salah satu anggota pendiri Internet.org. Kedua perusahaan tersebut juga telah mengumumkan pembuatan joint innovation lab yang mendukung inisiatif Internet.org. (M. Iqbal)

 

Sumber : www.selular.co.id