23 April 2014 13:00
Beberapa bulan lalu, Facebook mengumumkan telah mengakuisisi WhatsApp sebesar $19 miliar dalam bentuk tunai dan opsi saham. Kemarin (22/4), pendiri WhatsApp Jan Koum mem-posting tulisan di blog resmi aplikasi, menyebutkan kalau layanan messaging-nya kini mengantongi 500 juta pengguna aktif. Pengguna tersebut berbagi 700 juta foto dan 100 juta video setiap hari. Pasar dengan pertumbuhan tercepat aplikasi disebut Whatsapp adalah Brazil, India, Meksiko, dan Rusia.

WhatsApp didirikan pada Februari 2009 oleh Jan Koum dan Brian Acton. Koum menamakan perusahaannya WhatsApp karena kedengarannya seperti “what’s up” (apa kabar). Pada tahap awal, Koum dan Acton menguras banyak tabungan dan aplikasi kerap crash (gagal). Koum hampir memutuskan untuk berhenti bekerja di WhatsApp, tetapi Acton membujuknya untuk tetap bekerja di sana selama beberapa bulan lagi.

Situasi berbalik ketika Apple meluncurkan push notification untuk iPhone, yang memungkinkan pengembang untuk mem-ping pengguna bahkan jika mereka tidak menggunakan sebuah aplikasi. WhatsApp bisa menggunakan pemberitahuan pop up itu untuk menjaga pengguna terlibat dan mendorong lebih banyak orang untuk bergabung. Pada bulan Februari tahun 2013, WhatsApp mencapai 200 juta pengguna aktif. Setahun kemudian, Facebook mengakuisisi WhatsApp ketika mengemban 450 juta pengguna.

Karena Facebook dikenal sebagai perusahaan yang menghasilkan mayoritas pendapatannya dari iklan, pengguna WhatsApp menjadi khawatir tentang privasi mereka. Koum sangat menentang ide menempatkan iklan di WhatsApp karena akan “mengganggu komunikasi.” Hasilnya, WhatsApp kemungkinan akan tetap berpegang pada model berbasis langganan daripada model iklan. Facebook mengakuisisi WhatsApp sebagai bagian dari misi untuk menghubungkan negara-negara berkembang dan mencapai miliaran orang. Biaya WhatsApp sebesar $ 1 per tahun, membuatnya menjadi pilihan yang lebih murah untuk mengirimkan pesan dibandingkan dengan SMS bagi masyarakat di negara-negara berkembang.

Dalam pengumuman akuisisi, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan WhatsApp berada di jalur untuk mencapai satu miliar pengguna. Dan mereka sudah setengah jalan untuk sampai ke sana. (Nis)

Sumber : http://blog.whatsapp.com (22/4/2014)