Monday, May 20, 2019
Home News Update API Instagram Picu Masalah Ke Pengguna Windows Phone

Update API Instagram Picu Masalah Ke Pengguna Windows Phone

-

1 August 2013 13:00
Jika Anda salah satu pengguna Instagram di Windows Phone, mungkin mengalami masalah ini. Seperti yang diketahui sosialita dunia maya, aplikasi Vine, Flipboard, dan Path mendapat dukungan penuh di Windows Phone 8. Tapi hingga kini masih ada satu aplikasi yang belum muncul (resmi), yakni Instagram.

Nokia telah berusaha mendesak Facebook guna merancang aplikasi Instagram resmi untuk Windows Phone, tapi sejauh ini pengguna WP harus mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk turut bersosialisasi di layanan tersebut. Salah satu aplikasi tidak-resmi Instagram di Windows Phone yang cukup popular, Instance, tampaknya telah diblokir oleh layanan itu. Aplikasi yang memungkinkan pengguna melihat dan meng-upload foto ke Instagram dari WP itu menembus API (Application Program Interface) milik Instagram untuk memotong dan meng-upload foto ke layanan resmi.

Daniel Gary, pengembang di balik Instance mengklaim bahwa Instagram telah menghapus gambar setelah mereka upload ke layanan menggunakan aplikasi pihak ketiga Windows Phone, Instance. Foto-foto yang di-upload ke Instagram dari aplikasi Instance, bisa terlihat di situs Instagram jika Anda login menggunakan profil Anda sendiri. Namun dalam hitungan detik, foto-foto menghilang dari akun Instagram dan URL untuk mengaksesnya tidak lagi bekerja. Jadi foto yang diunggah pekan lalu menggunakan Instance tidak lagi terlihat publik untuk dilihat orang lain, tapi masih tersimpan dalam akun.

Gary menyimpulkan tampaknya Facebook melacak foto yang di-upload dari aplikasi Instance, dan mungkin semua aplikasi Instagram yang tidak resmi, dan secara aktif menghapus konten pengguna. Gary mengkonfirmasi situs The Verge (30/7) kalau Instagram tampaknya “mendeteksi ketika foto yang di-upload melalui aplikasi tidak resmi”. Meski Gary bilang saat ini sedang diperbaiki, tapi masalah tersebut mempengaruhi semua pengguna Instance. “Ini server mereka, layanan mereka. Apa yang saya lakukan (ternyata) tidak disetujui dalam menggunakan API pribadi mereka,” ujarnya, tanpa menyalahkan Facebook dalam memblokir aplikasinya.

Namun ternyata foto yang menurut Gary diblokir adalah efek dari perubahan yang diterapkan Instagram ke API-nya. Juru bicara Instagram mengkonfirmasi bahwa perusahaan menerapkan perubahan API. “Kami baru saja membuat update ke sistem yang kita gunakan untuk melawan spam guna membantu mencegah serangan di masa depan dan meningkatkan keamanan”. Perubahan ini akan mempengaruhi setiap aplikasi yang mengakses Instagram di luar API resmi. Jadi kasus ini terjadi secara luas yang tidak menargetkan aplikasi tertentu. Aplikasi pihak ketiga Instagram lainnya, 6tagram, yang sedang dalam versi beta, juga mengalami masalah yang sama.

Juru bicara Instagram juga mengkonfirmasi “update tidak secara spesifik menargetkan setiap aplikasi atau platform tertentu.” Dan kini API telah diperbarui lagi, dan pengguna Instance melaporkan sekarang gambar berhasil di-upload ke account mereka, tetapi tidak bisa dilihat oleh pengguna lain. (Nis)

 

Sumber : http://www.theverge.com (30/7/2013)

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest