Tuesday, April 23, 2019
Home News Tiga Vendor Besar Bakal Adopsi Sistem Pendingin Liquid di Smartphone Masa Depan

Tiga Vendor Besar Bakal Adopsi Sistem Pendingin Liquid di Smartphone Masa Depan

-

24 June 2013 09:30
Masih ingat pemberitaan mengenai perusahaan asal Jepang bernama NEC, yang meluncurkan smartphone bernama Medias X 06E? Smartphone ini terbilang unik, karena merupakan smartphone pertama di dunia yang dibenamkan semacam pipa pendingin liquid.

Kini, sederet vendor global diperkirakan bakal merancang produk berteknologi serupa. Apple, Samsung, dan HTC dikabarkan tertarik memproduksi smartphone yang akan menggabungkan beberapa pendingin cair (Liquid). Teknologi tersebut bisa meredam masalah panas di smartphone saat menjalankan aplikasi berat.

Menurut Digitimes (17/6/2013), ketiga perusahaan mungkin akan mengadopsi “Pipa penghantar cairan (heatpipe) ultra-tipis” di beberapa smartphone generasi berikutnya. Sistem pendingin liquid yang digunakan dalam smartphone dikatakan mirip dengan yang ditemukan pada laptop, yang digunakan untuk membawa panas dari prosesor dan chip nirkabel. Karena seperti diketahui, sistem pendingin dengan cairan liquid ini biasa hanya ditemukan di komputer high end.

Perusahaan yang menerapkan teknologi ini masih sangat sedikit. Baru perusahaan yang bernama NEC saja yang meluncurkan smartphone bersistem pendingin liquid. NEC Medias X06E sendiri menggunakan pipa panas dengan diameter hanya 0.6mm, setengah ukuran pipa yang digunakan dalam ultrabook.

Kemungkinan Apple, Samsung dan, HTC akan merilis smartphone dengan mekanisme pendingin cair dimulai pada kuartal keempat tahun ini. Bila berhasil, maka ketiganya dipercaya mampu memberikan kualitas pendinginan hardware dengan lebih baik. Saat ini sudah ada beberapa pabrikan pendingin termasuk Furukawa Electric (Jepang), Chaun-Choung Technology (Taiwan), Auras, dan TaiSol Electronics. Mereka sedang mengembangkan heat pipe 0.6mm dan nampaknya akan bekerja lebih agresif untuk meningkatkan produksi nantinya. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.digitimes.com

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest