Tuesday, April 23, 2019
Home News Thermodo, Termometer Untuk Smartphone

Thermodo, Termometer Untuk Smartphone

-

13 March 2013 09:30
Ragam sensor yang dibenamkan dalam smartphone menjadikan alat komunikasi mobile itu bisa mengukur banyak hal. Tapi pada umumnya pengukur suhu lingkungan bukan salah satunya. Pemilik handphone bisa saja membeli modul sensor suhu Bluetooth sendiri, atau menggunakan berkas cahaya infrared untuk bisa membaca suhu ruang. Tapi Thermodo mengemasnya dengan lebih mudah. Yakni dengan menancapkan thermometer elektrik mini ke audio jack (lubang earset handphone). Lalu bagaimana cara kerjanya?

Rancangan Thermodo berlandaskan plug audio four-pole standar, yang sudah disematkan sensor suhu pasif. Sinyal audio dikirimkan melalui sensor tadi. Tergantung suhu handphone, sensor akan menipiskan amplitudo sinyal berbeda. Mikrofon telepon mengambil sinyal yang diubah tadi dan menyampaikan data itu ke aplikasi yang menyertai. Hasilnya adalah tampilan suhu pada layar handphone secara real-time.

Perangkat itu menggunakan energy dari handphone, dan diklaim menggunakan lebih sedikit daya daripada headphone. Bila tidak diperlukan, Thermodo juga bisa dijadikan asesoris handset berupa gantungan kunci.

Salah satu faktor yang membatasi Thermodo adalah kisaran suhu yang bisa diukur, yakni -20 sampai 50°C (-5 sampai 120°F). Perancang Thermodo menyampaikan kalau ukuran itu sudah melebihi rentang operasi suhu iPhone 5 yang hanya 0 hingga 35°C (32 hingga 95°F). Ditambah, masih ada pembatasan penggunaan di beberapa aplikasi iOS.

Start-up yang berdomisili di Copenhagen Robocat saat ini sedang mengumpulkan dana produksi Thermodo di situs Kickstarter. Jumlah sumbangan yang masuk sudah melampaui target pendanaan. Tampaknya banyak orang yang menginginkan smartphone mereka berisi termometer. (Khoirunnisa)

Sumber : http://thermodo.com/

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest