13 April 2013 10:00
Terdapat banyak aplikasi penyimpanan berbasis cloud saat ini, diantaranya menyuguhkan fitur yang atraktif. Salah satunya, Dropbox yang dapat digunakan sebagai loker digital untuk menyimpan semua file. Namun, ada satu fitur penting yang kebanyakan pengguna layanan ini belum ketahui yaitu bisa digunakan untuk menemukan smartphone/tablet/laptop yang tercuri.

Berkat fitur satu ini, Anda bisa tenang meskipun barang gadget telah dicuri, karena bisa melacaknya. Proses pelacakannya pun mudah. Pertama, Anda tidak hanya diharuskan memiliki akun Dropbox saja, namun juga programnya harus terus berjalan di komputer setiap saat. Pastikan Dropbox selalu aktif. Jika belum memiliki aplikasi ini di komputer, segera instal secara gratis melalui www.dropbox.com

Setelah komputer hilang, lakukan login ke akun Dropbox Anda dan membuka ke tab Settings > Security. Anda bisa melihat keberadaan perangkat terkait dengan akun milik sendiri dari menu ini. Kemudian, cari perangkat yang hilang dalam daftar ini dan arahkan kursor ke ikon informasi di bawah “most recent activity”. Selanjutnya, Dropbox akan memberi alamat IP (Internet Protocol Address) komputer, yang dapat membantu dalam mengidentifikasi di mana pencuri menggunakan properti tersebut.

Jika beruntung, Anda mungkin bisa sekalian mengakses dokumen milik pencuri yang dia buat atau upload informasi perihal data dirinya, seperti nama dan alamat. Untuk lebih jelasnya, simak video di bawah ini. (Choiru Rizkia)

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=boMsySEscTM
Sumber : www.hackcollege.com