10 June 2014 11:00
Jelang Ramadan kali ini PT Telekomunikasi Selular kembali melalukan uji kesiapan jaringan. Dalam drive test kali ini pihak Telkomsel menguji kesiapan jaringan sepanjang rute kereta Jakarta-Surabaya. Selain menguji kesiapan jaringan standar, ada yang sedikit berbeda dalam drive tes Telkomsel kali ini. Dalam kesempatan tersebut Telkomsel juga membuktikanya kesiapan jaringan datanya untuk menghadapi ajang Piala Dunia Brasil 2014, yang kebetulan bertepatan di bulan Ramadan. Sebagai tambahan Telkomsel sendiri didapuk sebagai official partner Piala Dunia untuk layanan streaming.

Untuk kenyamanan pelanggan dalam menonton siaran Piala Dunia secara mobile, plus mengantisipasi lonjakan penggunaan data selama Ramadan, pihak Telkomsel telah mempersiapkan 155 stasiun pemancar (BTS)
“Kami akan bangun baru 155 BTS, saat ini pembangunan sedang berjalan, kami targetkan minggu depan sudah bisa selesai semuanya,” kata Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief saat konferensi pers Telkomsel Network Drive Test 2014 di kereta menuju Cirebon.

Menurut Abdus, optimalisasi jaringan harus segera dilakukan, pasalnya, Piala Dunia yang momennya datang lebih dulu dari lebaran dan pilpres diramal bakal menyedot trafik data di jam-jam sibuk. Sebagaimana diketahui, Telkomsel adalah official partner Piala Dunia untuk layanan streaming. Ramalan Abdus, pada laga piala dunia kali ini akan banyak orang yang lakukan streaming saat jam sibuk.

“Nanti pasti akan ada perubahan habbit (kebiasaan) di masyarakat. Lonjakan trafik data pada jam mau ke kantor sekitar 6-8 pagi di kota-kota besar akan sangat tinggi karena ingin nonton streaming Piala Dunia,” ucapnya.

Nah, untuk itu dalam pembangunan BTS baru ini, sebanyak 75% adalah BTS 3G node B. Sementara, sisanya sebanyak 25% adalah BTS 2G. Seperti diketahui, BTS 3G digunakan untuk penggunaan layanan data. Dengan semakin banyak BTS 3G, artinya kualitas layanan data semakin baik. (Muhamad Iqbal)

 

Sumber : www.selular.co.id