1 July 2013 13:00
Banyak jalan bagi operator untuk menggelar program bertajuk CSR (corporate social responsibility) sekaligus berpromosi dalam satu kesempatan. Salah satu wujud yang cukup kreatif dilalukan oleh AT&T, operator selular yang berbasis di AS. AT&T berinisiatif untuk menggelar model terminal charging berbasis tenaga surya di beberapa pedestrian dan taman di seputaran New York. Idenya terbilang sederhana, tapi jelas punya manfaat besar bagi masyarakat.
Modal yang diperlukan dalam proyek ini adalah  panel PV (photovoltaic) pada atap untuk menyerap energi matahari menjadi listrik, dan perangkat baterai internal untuk menyimpan energi listrik. Solusi ini juga ideal bagi operator untuk mengkapampanyekan green technology, pasalnya modul terminal charging ini berdiri sendiri, alias tidak memerlukan pasokan sumber listrik dari luar. Solusi yang disebut sebagai Street Charge Public Solar Charging Stations ini dapat mendistribusikan energinya ke beberapa smartphone dan tablet sekaligus, dimana pada tiang terminal telah tersedia beberapa charger microUSB dan charger 30 pin untuk perangkat iOS.
Dalam penggarapannya, AT&T menggenadeng Goal Zero selalu pengembang dan Brooklyn Design sebagai biro perancang struktur. Model terminal lain yang ditawarkan adalah jenis payung matahari yang pas ditempatkan di kafe dan restoran. Unit pertama terminal ini sudah bisa dinikmati sejak 18 Juni lalu, area yang terpilih adalah Riverside Park, Brooklyn Bridge Park, Fort Greene Park, dan Governor Island. Selanjutnya 20 terminal charging ini akan dibangun dalam beberapa bulan mendatang.
Sebuah terobosan yang sederhana tapi membawa banyak manfaat bagi masyarakat pengguna ponsel. Bisa jadi solusi ini kedepan bakal ditiru oleh operator/vendor di Tanah Air. (Haryo Adjie Nogo Seno)

 

Sumber : www.gizmag.com (22/6/2013)