26 February 2013 19:00
Para vendor handset tengah berbondong-bondong mencicipi platform baru besutan Mozilla, Firefox OS. Tidak hanya ZTE dan Alcatel saja, namun Sony pun diketahui akan menelurkan smartphone sendiri yang mengadopsi OS terbaru itu. Rencana ini bergulir tak lama setelah melihat potensi pasar terhadap sistem operasi mobile baru itu yang terungkap minggu ini di Mobile World Congress 2013.

Sony dikatakan telah menggandeng operator Telefonica untuk menawarkan model Sony Xperia Z dan tablet Z. Carrier itu membeberkan keinginan Sony untuk mulai mengeksplorasi pengembangan handset dengan Firefox OS.

“Teknisi kami sekarang bekerja dengan Firefox OS Mobile dan HTML5, mengembangkan teknologi yang menunjukkan potensi besar. Selain itu, kami terus bekerja dengan mitra operator kami, termasuk Telefónica, pada sebuah proyek pembangunan dengan ambisi untuk membawa produk ke pasar pada tahun 2014,” papar Bon Ishida, Deputy CEO di Sony.

Firefox OS akan memukul pasar ponsel di musim panas tahun 2013, dengan mendarat pertama kali di Polandia menampilkan produk Alcatel One Touch Fire besutan TCL. Pabrikan lain semisal ZTE, LG, dan Huawei juga dijadwalkan untuk merilis perangkat tahun ini. Dan sekarang, kehadiran Sony menambah panjang daftar vendor sebagai produsen handset Firefox OS. Meski nampaknya kita harus sabar menunggu untuk melihat wujud perangkatnya terealisasidi tahun depan.

Sony belum menjelaskan lebih rinci mengenai spesifikasi perangkat Firefox OS tersebut. Sehingga kita belum bisa memperkirakan apakah smartphone itu akan berada di barisan menengah (middle-range) atau atas (high-end). (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.pocket-lint.com